Macam-macam Perangkat Keras Komputer Lengkap Dengan Fungsinya

Macam-macam Perangkat Keras Komputer Lengkap Dengan Fungsinya

339
memuat...
Macam-macam Perangkat Keras Komputer Lengkap Dengan Fungsinya
Macam-macam Perangkat Keras Komputer Lengkap Dengan Fungsinya

Harianpost.co.id – Kita tentu saja sudah sangat mengenal denngan rangkaian perangkat keras komputer, dari situ kita pasti juga sudah tahu apa itu perangkat keras komputer dan apa saja fungsi perangkat keras komputer tersebut. Akan tetapi bagi kalian yang mungkin masih belum tahu banyak tentang perangkat keras komputer dan sedang belajar mengenai perangkat keras komputer, hari ini adalah hari keberuntungan kalian sebab kami akan memberikan informasi lengkap mengenai Macam-macam Perangkat Keras Komputer Lengkap Dengan Fungsinya.

Apa itu perangkat keras komputer?

Perangkat keras komputer itu memiliki nama lain yaitu hardware, perangkat keras komputer adalah seluruh rangkaian komputer yang bisa kita lihat secara fisik, bisa kita raba dan fungsinya adalah untuk mendukung segala sistem yang ada dalam komputer tersebut, yang mana antara perangkat satu dengan perangkat lainnya selalu berhubungan satu sama lain.

Secara sistematik, perangkat keras komputer terbagi menjadi tiga bagian yaitu perangkat input, proses dan perangkat output. Sedangkan setiap bagian komputer tersebut memiliki fungsi masing-masing dan tentunya berbeda. Jadi, jika salah satu bagian tersebut ada yang mengalami masalah, maka juga akan berdampak besar pada kinerja komputer.

Oke, agar lebih jelas lagi, berikut ini adalah Macam-macam Perangkat Keras Komputer Lengkap Dengan Fungsinya:

Perangkat Input (Input Device)

Perangkat input ini sering juga kita sebut sebagai unit masukan, fungsi perangkat input ini adalah untuk memberikan dukungan input komputer yang mana selanjutnya akan masuk ke tahap proses dan eksekusi.

Di bawah ini adalah macam-macam perangkat input komputer:

1. Keyboard

Keyboard adalah pearngkat komputer yang tugasnya adalah memberikan perintah masukan. Dengan keyboard ini kalian bisa mengetikkan apa saja sesuai keinginan kalian, sementara perintah kalian itu nantinya akan tersimpan dan terbaca oleh sistem komputer dan akan segera diproses dalam waktu sepersekian detik.

2. Mouse

Mouse juga termasuk ke dalam perangkat input yang disebut juga dengan pointer untuk mengarahkan cursor sesuai dengan keinginan kalian. Selain itu mouse juga berfungsi sebagai tombol klik, double klik dan melakukan scroll.

3. Microfon

Microfon sering digunakan sebagai alat perekam suara yang bertugas menerima sinyal dan kemudian sinyal tersebut akan ditangkap oleh perangkat Microfon, barulah nantinya akan dikirim ke komputer.

4. Webcam

Hampit sama dengan microfon, Webcam juga bertugas untuk menangkap sinyal hanya saja Webcam bertugas untuk menangkap sinyal video sedangkan microfon untuk menangkap sinyal audio. Webcam ini sangat berguna sekali ketika pengguna melakukan video call antar sesama pengguna komputer di tempat yang berbeda.

Perangkat Proses (Process Device)

1. RAM

RAM ini fungsinya hampir sama dengan hardisk, yaitu sama-sama untuk menyimpan data. Hanya saja bedanya, RAM digunakan untuk menyimpan data sementara waktu pada komputer, jika komputer tersebut, maka data yang tersimpan akan otomatis hilang. Jadi ketika kalian memberikan perintah masukan pada sebuah komputer, saat itulah RAM akan bekerja untuk menyimpan perintah tersebut.

2. Processor

Processor juga sering kita sebut dengan CPU, inilah otak dari semua rangkai perangkat keras komputer yang tugasnya untuk mengeksekusi perintah-perintah yang masuk ke dalam komputer. Processor inilah yang nantikan akan melakukan segala aktifitas pada komputer tesebut.

3. Motherboard

Kita sering menyebut Motherboard dengan istilah yang lebih sederhana, mobo. Motherboard menjadi bagian penting dalam komputer sebab motherboard sendiri bisa dikatakan sebagai papan sirkuit komputer. Fungsi Motherboard adalah untuk meletakkan dan mejnaga koordinasi komponen-komponen komputer, seperti processor, hardisk dan perangkat lainnya semua ada di papan sirkuit motherboard. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...