Perbedaan Harddisk SATA dan ATA Komputer

Perbedaan Harddisk SATA dan ATA Komputer

243
memuat...
Perbedaan Harddisk SATA dan ATA Komputer
Perbedaan Harddisk SATA dan ATA Komputer

Harianpost.co.id – Kalian jangan pernah sekali-sekali mengaku pecinta komputer jika kalian tidak tahu tentang Harddisk komputer, terlebih lagi jika kalian tidak tahu tentang Perbedaan Harddisk SATA dan ATA Komputer. Sebab Harddisk merupakan salah satu komponen komputer yang memiliki fungsi sangat vital dalam sistemasi komputer. Sedangkan jika kita menngok dari perkembangan komputer dari dulu hingga sekarang khususnya untuk penyimpanan data, Harddisk terbagi menjadi dua jenis yaitu Harddisk SATA dan ATA. Pasti kalian sudah pernah mendengar tentang kedua jenis Harddisk tersebut iya kan? Tapi belum tentu kalian sudah tahu tentang Perbedaan Harddisk SATA dan ATA Komputer.

Atau jangan-jangan kalian malah sama sekali tidak tahu tentang Perbedaan Harddisk SATA dan ATA komputer? Jangan panik dan jangan minder lagi, sebab mulai sekarang kalian tidak akan dianggap gaptek lagi oleh teman-teman kalian karena tidak tentang Perbedaan Harddisk SATA dan ATA Komputer. Berikut ini bedanya Harddisk SATA dan ATA komputer:

Harddisk SATA

SATA merupakan singkatan dari Serial Advanced Technology Attachment merupakan sebuah teknologi mutakhir atau pengembangan dari model PATA (Pararel Advanced Technology Attachment). Model PATA memang dikenal lebih memiliki kelebihan dan standar yang bisa dikatakan lebih ampuh ternyata masih punya kelemahan yang justru sangat mengkhawatirkan, beberapa kelemahan PATA adalah:

  • Panjang kabel PATA sangat terbatas, yaitu hanya 46cm.
  • Kemampuan transfer PATA hanya mencapai 133 Mb/detik.

Dari situ sudah jelas bahwa Harddisk SATA memiiliki lebih banyak keunggulan dari pada teknologi PATA, sebab SATA memiliki kabel tipis serta konektor 7-pin dan dilengkapi dengan teknologi canggih yang membuatnya memiliki kecepatan super cepat. Panjang kabel SATA ini bahkan bisa mencapai 1 meter serta mudah sekali untuk diatur dan disesuaikan dengan kondisi tempatnya.

Harddisk SATA ini dianggap memiliki performa yang sangat baik sekali, tak heran jika Harddisk SATA layak berada di posisi paling atas dan membuat banyak sekali produsen-produsen yang beralih menggunakan Harddisk SATA sebagai standar utama. Hebatnya lagi, Harddisk SATA dilengkapi dengan fitur hot-swap, yaitu kemampuan untuk menyalakan dan mematikan komputer tanpa harus shutdown.

 

Harddisk ATA

Harddisk ATA atau Adcanced Technology Attachment adalah salah satu tipe Harddisk yang hingga sekarang masih banyak dipasang pada perangkat komputer dan laptop. Namun begitu pengguna Harddisk  ATA ini dari tahun ke tahun terus mengalami penurunan. Harddisk ATA sendiri kita ketahui telah menggunakan 16 bit parallel yang mana diklaim sebagai standar aku sejak tahun 1966. Soal kecepatan transfet data, Harddisk ATA ini bisa dikatakan seimbang dengan kecepatan Harddisk SATA walaupun masih sedikit kalah cepat.

Sedangkan perbedaan Harddisk SATA dan ATA yang sangat jelas adalah dari kabel data serta power yang digunakan oleh masing-masing Harddisk. Sebab kekuatan dari keduanya sangatlah bertolak belakang, Harddisk ATA 200GB hanya menggunakan kabel pita dengan tebal hanya 2 inch serta 40 pin koneksi data.

Secara garis besar Perbedaan Harddisk SATA dan ATA Komputer adalah jika Harddisk SATA memang lebih unggul dalam segala hal, sebab Harddisk SATA tidak butuh daya yang besar, memiliki transfer dat alebih cepat, tidak gampang panas dan ukuran kabel juga lebih panjang. Sementara itu, Harddisk ATA butuh daya yang besar, kecepatan transfer data yang masih kalah dengan Harddisk SATA, mudah panas dan ukuran kabelnya lebih pendek. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...