Cara Memperbaiki Motherboard Yang Rusak

Cara Memperbaiki Motherboard Yang Rusak

1002
memuat...
Cara Memperbaiki Motherboard Yang Rusak
Cara Memperbaiki Motherboard Yang Rusak

Harianpost.co.id – Bicara soal motherboard, berarti kita juga akan berbicara tentang salah satu elemen penting di dalam komputerisasi. Motherboard memiliki peran yang sangat vital dalam mengatur jalannya sistem komputer yang ada. Lantas bagaimana jika Motherboard tersebut mengalami kerusakan? Kita sudah pasti bisa membanyangkannya akan seperti apa. Lantas apakah Motherboard rusak itu bisa diperbaiki? Nah, ini yang akan kita bahas, yaitu tentang Cara Memperbaiki Motherboard Yang Rusak.

Adanya Motherboard dalam komputer ini akan membuat segala komponen di dalam komputer bisa bekerja pada fungsinya masing-masing dan bisa saling bekerja sama satu sama lain. Sebut saja Power Connector, BIOS, slot memory, merupakan segelintir komponen yang memiliki fungsi penting untuk kinerja komputer dan semuanya komponen tersebut termasuk bagian dari Motherboard.

Masalah Motherboard rusak di jaman sekarang ini memang sering terjadi, Motherboard yang rusak kebanyakan bisa langsung membuat penggunanya panik dan terburu-buru membawanya ke tukang service. Padahal, kalian sendiri bisa melakukan perbaikan atau memperbaiki Motherboard yang rusak. Akan tetapi sebelum kalian memperbaikinya, akan lebih baik lagi jika kalian mengetahui terlebih dahulu apa penyebab Motherboard rusak. Secara garis besar, Motherboard rusak disebabkan karena dua hal, yaitu masalah pada power supply dan ada komponen yang belum terpasang dengan baik di dalam Motherboard tesebut.

 

Berikut ini adalah beberapa langkah atau Cara Memperbaiki Motherboard Yang Rusak yang bisa kalian lakukan sendiri di rumah:

1. Periksa power supply

Kerusakan Motherboard karena power supply biasanya akan membuat komputer atau PC mati total. Oleh sebab itulah, terlebih dahulu cobalah untuk mencabut atau melepaskan kabel power yang tersambung dengan power supply. Caranya buka cashing komputer lalu keluarkan power supply yang bermasalah tersebut.

Jika sekiranya power supply tersebut masih bisa diperbaiki dan kalian bisa memperbaikinya maka itu akan lebih hemat biaya, tapi jika memang sudah tidak lagi bisa diperbaiki karena rusaknya terlalu parah bisa diganti dengan yang baru.

 

2. Periksa beberapa komponen penting didalamnya

Motherboard mati atau bermasalah bisa karena banyak faktor terutama pada komponen yang ada di dalamnya seprti fan (kipas angin) tidak bisa berputar, Clear CMOS tidak berada pada posisi clear atau kemungkinan IC Chipset yang belum tersambung. Untuk itulah penting untuk melakukan pemeriksaan pada semua bagian komponen di dalam Motherboard tersebut.

3. Bersihkan motherboard

Jika pada komponen-komponen yang ada di dalam komputer tersebut tidak terjadi masalah atau tidak ada yang rusak, cobalah untuk membersihkan Motherboard tersebut hingga bersih. Gunakan tiner dan keringkan, lalu cobalah menghidupkannya kembali.

 

4. CPU tidak mau menyala setelah dibersihkan

Jika setelah kalian bersihkan dan kalian pasang tapi tetap saja tidak bisa dihidupkan atau dinyalakan, berarti masih ada masalah dan biasanya masalah komputer tidak bisa dinyalakan itu berhubungan erat dengan processor. Lihat kondisi fisik dari processor tersebut apakah terjadi kerusakan fisik atau tidak, atau mungkin Motherboard mengalami kerusakan jalur. Jika memang terjadi kerusakan jalur kita bisa melakukan jumper.

5. Mengganti kipas prosesor

Setelah kalian selesai memeriksa processor, periksa juga kipas processornya masih bisa berfungsi atau tidak, jika tidak maka kita harus menggantinya. Harga kipas processor tidak terlalu mahal.

6. Periksa memori

Jika kondisi kipas processor ternyata masih bagus dan tidak ada apa-apa dengan processor tersebut, maka kita coba cek ke memorinya. Untuk menandai bahwa terjadi masalah pada memori, biasanya ketika komputer dihidupkan maka akan terdengar bunyi bip sebanyak tiga kali. Jika begitu, berarti memori komputer benar-benar mengalami masalah.

Jika semua cara diatas tidak bisa mengembalikan kondisi Motherboard pulih kembali dan bisa berfungsi, kemungkinan besar masalahnya ada pada IC, jika sudah begitu ada baiknya kita membeli Motherboard baru sebab memasang IC baru itu sangat beresiko sekali dan hampir tidak ada tukang service yang berani memberikan garansi lama untuk pemasangan IC. (harianpost.co.id)

 

Komentar

Loading...