Cara Mengatasi Komputer Blue Screen Paling Ampuh

Cara Mengatasi Komputer Blue Screen Paling Ampuh

121
memuat...
Cara Mengatasi Komputer Blue Screen Paling Ampuh
Cara Mengatasi Komputer Blue Screen Paling Ampuh

Harianpost.co.id – Kalian pasti sudah tidak asing lagi kan dengan istilah Blue Screen? Nah, kami hampir yakin bahwa kalian saat ini sedang mengalaminya sebab kalian datang kesini pasti tujuannya ingin mencari solusi bagaimana Cara Mengatasi Komputer Blue Screen Paling Ampuh agar masalah kalian cepat teratasi, iya kan? Sedikit mengulang lagi bahwa Blue Screen adalah tampilan layar komputer berubah menjadi biru dimana disitu nanti juga akan muncul banyak kode-kode yang tidak banyak tahu apa maksudnya. Sementara itu Blue Screen ini seringkali dialami atau terjadi pada komputer dengan sistem operasi windows XP, Windows Vista dan Windows 7.

Blue Screen ini sebenarnya adalah media pesan karena komputer kalian sedang terjadi kesalahan atau error. Tapi penyebab error itulah yang berbeda-beda tergantung pesan dari kode yang muncul pada layar Blue Screen tersebut. Nah jika kalian ingin tahu pesan error yang seperti apa yang saat ini terjadi pada komputer kalian.

Berikut ini adalah pesan-pesan error yang sering muncul pada layar Blue Screen: (dikutip dari perangkatkeras.net)

  1. Unmountable Boot Volume (stop code yang berupa 0X000000ED) artinya komputer tidak bisa mount boot pada windowsnya.
  2. Unexpected Kernel Mode Trap (stop code 0X0000007F) artinya ada kecacatan pada memori ataupun motherboard dikarenakan overclocking.
  3. Status System Process Terminated (stop code 0Xc000021A) artinya ada beberapa hal seperti adanya file-file yang dirubah oleh administrator yang mana tidak diizinkan untuk mengubah file didalam komputer.
  4. Status Image Checksum Mismatch (stop code 0Xc0000221) artinya ada swap file atau driver yang corrupted.
  5. Multiple IRP Complete Request (stop code 0 x00000044) artinya ada hardware yang tidak cocok bagi komputer anda sehingga anda perlu meng-unistallnya.
  6. FTDISK Internal Error (stop code x00000058) artinya ada kesalahan pada driver utama di komputer anda.

Nah, jika kalian sedang mengalami masalah komputer Blue Screen dengan kode-kode seperti itu, jangan langsung panik dan tidak perlu khawatir sebab itu bisa diatasi.

Cara Mengatasi Komputer Blue Screen Paling Ampuh:

  • Restart komputer kalian, ketika hendak menyala lagi tekan F8 lalu akan muncul loading windows. Disitu kalian nanti akan melihat Advanced Boot Options, pilih Last Known Configuration kemudian gunakan sistem restore dan roll back device  driver kembali ke driver sebelum melakukan update.
  • Cek apakah ada virus di dalam komputer dengan menggunakan antivirus yang sudah update.
  • Update driver hardwarenya.
  • Setelah fokus pada drivernya, hardware juga perlu adanya update BIOS yang comaptible dengan komputer kalian masing-masing. Perlu diingat lagi kalian perlu menyalakan komputer dengan menggunkan hardware yang benar-benar kalian butuhkan saja agar jalannya komputer bisa lancar.
  • Lakukan pengecekan diagnostik pada seluruh perangkat hardwarenya.
  • Jika kalian menggunakan hardware misalkan kabel internal, lakukan pengecekan apakah sudah terpasang dengan benar.
  • Kembalikan pengaturan BIOS ke mode default sebab kesalahan pengaturan pada BIOS juga bisa menyebabkan komputer Blue Screen.
  • Periksa log system serta semua aplikasi di event viewer, kalian akan mendapatkan informasi letak error komputer kalian.
  • Jika memang diperlukan, instal service pack dan update aplikasi yang perlu pada windows kalian masing-masing.
  • Pastikan partisi windows mempunyai jumlah minimum spasi sebab partisi yang kosong juga bisa menjadi penyebab komputer Blue Screen. (www.harianpost.co.id)

 

Komentar

Loading...