Cara Mengembalikan File Yang Hilang Di Flashdisk

Cara Mengembalikan File Yang Hilang Di Flashdisk

428
memuat...
Cara Mengembalikan File Yang Hilang Di Flashdisk
Cara Mengembalikan File Yang Hilang Di Flashdisk

Harianpost.co.id – Flashdisk merupakan salah satu memori eksternal komputer paling banyak digunakan oleh pengguna komputer dan paling dbanyak diminati ketimbang hardisk eksternal. Itu karena Flashdisk mudah sekali dibawa kemana-mana dan sifatnya portable. Karena sifatnya yang pprtable itulah kita bisa membawa Flashdisk kapan saja dan dimana saja, ke warnet ke sekolah, atau ke kantor. Dan kali ini kami akan berbagi tips tentang bagaimana Cara Mengembalikan File Yang Hilang Di Flashdisk.

Di dalam Flashdisk itulah kita juga sering menyimpan file atau data-data penting yang setiap hari kita gunakan. Hal itu tentu saja menjadi keuntungan tersendiri bagi pengguna komputer, akan tetapi keberadaan Flashdisk bukan tanpa masalah. Flashdisk tentu tetap memiliki kelemahan dan kekurangan, apa itu? Ketika kita terlalu sering mencolokkan Flashdisk ke port komputer yang berbeda-beda biasanya Flashdisk akan sangat rawan sekali terkena serangan virus.

Nah ketika Flashdisk terinfeksi oleh virus, biasanya kasus yang paling sering terjadi adalah file-file yang ada di dalam Flashdisk tersebut terkadang akan menghilang atau menjadi tersembunyi (hidden) dengan sendirinya. File yang tersembunyi atau hidden tersebut tentu bisa membuat panik pangguna komputer yang masih baru dan tidak tahu apa-apa dan pasti mengira bahwa file di dalam Flashdisk tersebut hilang.

Jika terjadi masalah seperti itu dan kalian juga merasa sama sekali tidak pernah menghapus file tersebut maka kalian tidak perlu khawatir sebab sebenarnya file tersebut masih tersimpan di dalam Flashdisk tersebut hanya saja tidak terlihat. Jadi jangan terburu-buru di format terlebih dahulu.

Langkah pertama yang perlu kalian lakukan untuk mengetahui bahwa file-file tersebut masih tersimpan di dalam Flashdisk atau tidak kalian bisa cek dengan melihat ukuran file yang di dalam Flashdisk melalui properties. Setelah itu, sekarang waktunya untuk mengembalikan file yang hilang di Flashdisk. Berikut ini adalah cara mengembalikannya:

1. Buka cmd melalui  Start, All Programs, Accessories, dan klik kanan pada Command Promot, Run as Administrator atau kalian bisa menggunakan shortcut dengan cara menekan Win + R dan pada kotak  Run ketikkan cmd dan tekan enter. Ini bagi yang sudah terbiasa saja.

2. Berikutnya yang perlu kaian perhatikan adalah dimana letak dari flashdisk yang anda colokkan terbaca apakah berada di drive D, E, F atau G.

3. Sekarang pada command prompt ketikan d: dan tekan enter (itu jika asumsi kalian Flashdisk terbaca di drive d, jika flashdisk anda terbaca di g maka anda tinggal mengetikkan g: dan tekan enter).

4. Berikutnya jika command prompt telah di arahkan ke root flashdisk kamu, ketikkan perintah attrib ­-s ­-h *.* /S /D dan tekan enter.

Fungsi perintah diatas adalah seperti berikut ini:

  • attrrib merupakan attribute file sitem
  • -s  berguna untuk menghilangkan attrib tipe sistim file
  • -h menghilangkan attrib yang bertipe file hidden
  • *.* memilih semua tipe file/folder yang ada di flashdisk kalian
  • /S memproses seluruh folder dan sub folder
  • /D memproteksi folder

Nah, setelah kalian mengetikkan perintah di atas itu maka file-file tersembunyi yang kalian kira hilang di dalam Flashdisk itu akan segera muncul kembali dengan selamat tanpa ada yang berkurang. Dengan begini artinya semua data penting milik kalian sekarang sudah selamat.

Seperti itulah cara mengembalikan file yang hilang di Flashdisk yang bisa kami bagikan pada kalian semua, semoga bermanfaat dan file-file kalian selamat. Akhir kata, selamat mencoba. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...