Tahukah Kamu? Ini Dampak Mengerikan Pada Bayi Jika Kekurangan Zat Besi

Tahukah Kamu? Ini Dampak Mengerikan Pada Bayi Jika Kekurangan Zat Besi

183
memuat...
Ini Dampak Mengerikan Pada Bayi Jika Kekurangan Zat Besi
Ini Dampak Mengerikan Pada Bayi Jika Kekurangan Zat Besi, image: babycenter.com

Harianpost.co.id – Sebagai orang tua terutama bagi iibu-ibu yang baru saja melahirkan tentu sedikit banyak sudah tahu apa itu ADB (Anemia Defisiensi Besi). ADB merupakan salah satu masalah yang masih rentan sekali menyerang negara-negara berkembang salah satunya negara indonesia. ADB ini juga rentan diderita oleh bayi yang hanya mengkonsumsi ASI saja, terlebih lagi bagi ibu-ibu yang sering mengalami anemia selama mereka mengandung atau hamil.

Sementara itu, bayi yang hanya mengkonsumsi susu formula jarang diberikan tambahan zat besi karena menganggap bahwa di dalam susu formula tersebut sudah mengandung zat besi, terkecuali jika di dalam susu tersebut sudah mengandung zat besi yang cukup. Nah, bicara soal perlu apa tidaknya bayi mendapatkan tambahan zat besi, ada baiknya kita tetap mengkonsultasikannya ke dokter spesialis anak. Sebab kebutuhan zat besi pada setiap bayi itu berbeda-beda, zat besi itu akan disesuaikan dengan kondisi bayi.

Nah, apa sih bahaya jika si bayi itu kekurangan zat besi? Dan ternyata sangat berbahaya lho, terlebih lagi setiap ibu pasti menginginkan anak mereka tumbuh dengan sehat. Berikut ini adalah beberapa dampak mengerikan jika bayi kekurangan zat besi: (dikutip dari hipwee.com)

  1. Kekurangan zat besi pada bayi dan anak sangat memengaruhi pertumbuhan sehingga cenderung sulit naik BB dan bertambah tinggi badan
  2. Menghambat perkembangan fungsi kognitif pada bayi
  3. Memengaruhi ketahanan fisik sehingga gampang terserang infeksi
  4. Kekurangan zat besi bikin bayi dan anak jadi kurang lincah, gampang capek dan kurang bersemangat. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...