Gejala Penyakit Kelamin pada Wanita Paling Berbahaya

Gejala Penyakit Kelamin pada Wanita Paling Berbahaya

160
memuat...
Gejala Penyakit Kelamin pada Wanita
Gejala Penyakit Kelamin pada Wanita

Harianpost.co.id – Mendengar kata penyakit kelamin, kita tentu sudah menebak bahwa itu adalah penyakit yang menyerang organ tubuh bagian reproduksi, dan penyakit tersebut akan menimbulkan beberapa gangguan. Penyakit kelamin ini bisa muncul karena tidakan seksual dan setiap wanita sangat dianjurkan untuk mengetahui tentang gejala penyakit kelamin pada wanita agar bisa ditangani secepat mungkin.

Sayangnya, penyakit kelamin pada wanita ini seringkali tidak terdeteksi dan sering tidak disadari oleh penderitanya. Sebab salah satu cara untuk mendeteksi apakah wanita itu sedang mengalami penyakit kelamin adalah dengan melakukan pemeriksaan laboratorium, sementara banyak orang yang menganggap hal itu tidak perlu. Jika memang anda tidak ingin melakukan pemeriksaan laboratorium, maka anda paling tidak wajib tahu mengenai gejala penyakit kelamin wanita yang pada umumnya sering dirasakan, gejala-gejala penyakit tersebut bisa menjadi indikasi seorang wanita mengalami penyakit kelamin atau tidak.

Gejala Penyakit Kelamin pada wanita yang wajib diketahui:

Terjadi Perubahan Pada Warna Urin

Gejala pertama yang bisa dijadikan indikasi wanita mengalami penyakit kelamin adalah warna urinnya berubah disertai dengan sensasi panas serta rasa sakit ketika buang air kecil. Akan tetapi gejala ini terkadang bisa juga disebabkan karena infeksi saluran kencing atau batu ginjal. Wanita tersebut baru bisa dikatakan mengalami gejala penyakit kelamin jika dibarengi dengan gejala lainnya seperti trikomoniasis, klamida dan gonore.

Terasa Panas dan Gatal Pada Vagina

Ada beberapa penyakit yang memiliki gejala seperti area vagina terasa panas dan gatal, seperti misalnya infeksi ragi, iritasi serta penyakit kelamin itu sendiri. Jadi, agar anda bisa memastikan bahwa itu penyakit kelamin atau bukan, baiknya penderita pteta memeriksakannya ke dokter.

Nyeri Saat Berhubungan Seks

Gejala yang satu ini sangat sering sekali dialami oleh beberapa wanita, yaitu rasa nyeri ketika berhubungan seks. Jika anda pernah mengalami gejala seperti sebaiknya hati-hati dan segera periksakan ke dokter, salah satu penyakit serius yang ditandai oleh rasa nyeri ketika berhubungan seks adalah kanker serviks.

Keputihan Abdnormal

Walaupun keputihan yang tidak biasa itu bisa terjadi karena infeksi dan tidak sepenuhnya karena terjadi penyakit kelamin, namun perlu kita tahu bahwa infeksi yang berhubungan dengan ragi serta bacterial vaginosis itu yang mengakibatkan keputihan merupakan salah satu indikasi penyakit kelamin pada wanita.

Timbul Kutil atau Memar

Ada beberapa penyakit yang ditandai dengan munculnya kutil atau memar, diantaranya adalah herpes, sipilis, HPV serta molloscum contagiosum. Namun jika benjolan tersebut terlihat tidak biasa atau memar yang terlihat aneh yang berada di sekitar mulut genital maka anda harus waspada sebab itu sangat berpotensi menyebarkan infeksi ke area yang lebih luas.

Rasa Sakit Pada Panggul dan Perut Bawah

Rasa nyeri yang dirasakan di sektiar panggul juga bisa disebabkan karena berbagai macam kondisi kesehatan dan tidak cuma berhubungan dengan penyakit kelamin pada wanita. Hanya saja, jika gejala ini tidak segera diatasi maka sangat berpotensi berubah menjadi penyakit kelamin yang lebih serius, dan rasa nyeri tersebut akan bertambah parah. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...