Cara Memperbaiki Power Supply Komputer Yang Mati

Cara Memperbaiki Power Supply Komputer Yang Mati

77
memuat...
Cara Memperbaiki Power Supply Komputer Yang Mati
Cara Memperbaiki Power Supply Komputer Yang Mati

Harianpost.co.id – Secanggih apaun benda elektronik tersebut dan apapun jenis dan bentuknya, selalu tidak bisa lepas dari masalah apalagi kalau benda elektronik tersebut adalah komputer dan baru saja dipakai dalam jangka waktu yang sangat lama. Mengapa komputer? Sebab komputer saat ini menjadi salah satu benda wajib yang wajib dimiliki oleh hampir setiap orang dan perannya sangat membantu sekali beberapa pekerjaan seseorang sehingga komputer kerapkali bekerja penuh.

Oleh sebab itulah komputer yang digunakan dalam jangka waktu yang lama ini menjadi rawan akan kerusakan, terutama pada power supply-nya. Kerusakan power supply ini memang menjadi salah satu masalah komputer yang masih sering sekali terjadi sekarang ini. Nah, mungkin saja diantara kalian sekarang ini juga sedang megnhadapi masalah yang sama yaitu power supply komputer mati dan bingung bagaimana cara memperbaikinya.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami akan berbagi tentang bagaimana cara memperbaiki power supply komputer yang mati agar bisa berfungsi kembali. Akan tetapi sebelum kita tahu tentang cara memperbaiki power supply komputer, baiknya kita juga tahu terlebih dahulu tanda power supply komputer bermasalah.

  • Komputer tidak hidup saat tombol power ditekan.
  • Terdapat beberapa kabel atau colokan yang belum terpasang dengan baik adalah salah satu indikasi dari tidak berfungsinya power supply.
  • Proses booting yang cenderung lama.

Nah, dengan kita bisa tahu ciri-ciri powe supply rusak atau bermasalah kita akan segera mengetahuinya dan bisa segera memperbaikinya sebelum terlambat dan merambat kemana-mana. Kita harus ingat bahwa power supply yang mati itu nantinya akan sangat sulit untuk diperbaiki apalagi jika kalian sebelumnya belum pernah menyentuh power supply atau sama sekali tidak punya keahlian dalam hal reparasi komputer.

Tapi tidak perlu khawatir, berikut ini adalah beberapa langkah untuk mengganti power supply yang rusak atau mati dengan power supply yang baru:

  • Pastikan komputer dalam keadaan mati tanpa aliran listrik sama sekali, cabut semua kabel dari terminalnya. Lepas casing komputer, lepas semua konektor dari power supply yang tersambung ke motherboard.
  • Buka casing komputer tempat meletakkan power supply, keluarkan pelan-pelan.
  • Kemudian barulah kalian pasang power supply yang baru. Caranya cukup masukkan power supply ke casing seperti kalian melepaskan power supply yang rusak tadi. Letakkan persis seperti power supply sebelumnya.
  • Pasang kembali konektor power supply yang sebelumnya kalian lepas yang terhubung ke motherboard. Setelah itu lakukan pengecekan pada semua konektor dan pastika semua tertancap dengan benar.
  • Setelah kalian mengikuti langkah-langkah diatas, itu artinya kalian telah berhasil memperbaiki power supply yang rusak yaitu dengan mengganti power supply mati tersebut dengan power supply yang baru.

Seperti itulah cara memperbaiki power supply komputer yang rusak atau mati dengan cara menggantinya dengan power supply yang baru. Caranya memang sangat mudah sekali akan tetapi kita tetap harus berhati-hati agar power supply tidak rusak karena goncangan yang keras. Sebab power supply termasuk dalam perangkat komputer yang rentan dengan kerusakan, hampir sama sensitifnya dengan hardisk. (www.harianpost.co.id)

Save

Komentar

Loading...