Cara Mengatasi Laptop yang Lemot dan Sering Hang

Cara Mengatasi Laptop yang Lemot dan Sering Hang

70
memuat...
Cara Mengatasi Laptop yang Lemot dan Sering Hang
Cara Mengatasi Laptop yang Lemot dan Sering Hang

Harianpost.co.id – Sebagai pengguna laptop mungkin kalian pernah mendapati performa laptop kalian menjadi lemot dan bahkan tak jarang laptop hang. Tentu saja hal itu membuat kita merasa tidak nyaman dan tidak sabar jika terus mengoperasikan laptop yang lemot atau seringkali error.

Jika kalian sekarang ini sedang mengalami masalah laptop lemot dan sering hang, ada beberapa yang perlu kalian ketahui seperti spesifikasi laptop yang digunakan, aplikasi-aplikasi yang sedang kalian gunakan, dan masih banyak lagi.

Oke ya tak perlu bertele-tele lagi, berikut ini adalah beberapa cara mengatasi laptop lemot dan sering hang:

Hindari menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan

Jika kalian ingin menjalankan banyak aplikasi dalam waktu yang bersamaan, kalian tentu harus melihat dulu spesifikasi laptop yang sedang kalian gunakan, jadi ketika kalian mengalami laptop lemot dan sering hang, coba kurangi aplikasi-aplikasi yang sedang kalian gunakan. Tutup dulu semua aplikasi tersebut, lakukan restart, dan jalankan aplikasi yang tadi kalian buka satu-satu saja secara bergantian dalam menggunakannya. Akan tetapi jika spesifikasi laptop kalian tinggi, tidak malasah tetep membuka aplikasi secaar bersamaan asalkan jangan berlebihan.

 

Hapus/Uninstall aplikasi yang tidak penting dan memberatkan kinerja laptop

Langkah selanjutnya adalah dengan menghapus atau uninstall aplikasi-aplikasi yang menurut kalian tidak penting atau tidak pernah kalian gunakan. Sebab menginstall aplikasi di dalam satu sistem komputer atau laptop itu akan membuat kinerja memori semakin berat, memakan terlalu space hardisk, dan lain-lain. Jadi, instal aplikasi-aplikasi yang saat itu sering kalian gunakan, jika tidak terpakai hapus, nanti jika kalian butuh lagi install lagi.

Bersihkan chache dan temporary file

Langkah berikutnya adalah dengan membersihkan cache atau temporary file, entah yang di komputer/laptop atau juga bisa di browsernya, untuk hasil yang lebih maksimal kalian bisa juga membersihkan cache file yang ada dan tersimpan di dalam hardisk komputer atau laptop. Fungsi menghapus cache tersebut adalah agar komputer atau laptop bisa bekerja denan sangat efisien, dan ketika kita membuka browser internet juga bisa semakin cepat.

Upgreade memori RAM

Langkah ini sangat penting sekali diperhatikan untuk membuat performa laptop menjadi semakin kencang. Untuk membuat kinerja RAM semakin oke kalian bisa melakkan upgrade RAM atau menambah memori RAM, jika sebeumnya kalian menggunakan RAM 2GB maka upgrade menjadi 4GB.

 

Perbaik hardisk bad sector

Masalah Hardisk Bad sector memang menjadi penyebab utama laptop lemot dan sering hang. Tak hanya itu saja, bahkan masalah hardisk bad sector bisa membuat laptop tidak bisa masuk windows ketika pertama kali dinyalakan.

 

Matikan fitur Windows update otomatis

Cara sederhan untuk membantu membuat performa laptop kalian menjadi lebih cepat lagi adalah dengan mematikan fitur Windows update otomatis. Jika fitur ini aktif, maka setiap kali kalian terhubung ke internet maka akan otomatis melakukan pengecekan terhadap file-file windows yang harus diupdate. Ada dua hal yang membuat kita rugi yaitu koneksi internet menjadi lebih lambat dan laptop juga akan bekerja lebih lambat lagi. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...