Tahukah Kamu? Inilah Alasan Kebohongan Dwi Hartanto

Tahukah Kamu? Inilah Alasan Kebohongan Dwi Hartanto

486
memuat...
Dwi Hartanto
Dwi Hartanto

Harianpost.co.id – Baru-baru ini nama Dwi Hartanto semakin banyak diperbincangkan di dunia akademik indonesia dan juga seluruh masyarakat dunia. Dwi Hartanto telah diketahui melakukan kebohongan besar mulai beberapa tahun silam, dan sekarang akhirnya terbongkar. Dwi Hartanto saat ini memang menempuh pendidikan di Belanda dan dirinya mengklaim memiliki sederetan perstasi yang ternyata eh ternyata semua itu bukan miliknya.

Salah klaim terbesarnya adalah dia pernah mengatakan bahwa dirinya adalah kandidat profesor di Technische Universitet (TU) di Delft, Belanda dan juga telah melakukan melakukan pengembangan pesawat jet tempur geenerasi ke enam.

Karena dianggap prestasi tersebut bukanlah prestasi sembarangan, Dwi Hartanto bahkan pernah didatangkan ke indonesia dan melakukan wawancara di salah satu program acara Mata Najwa tepatnya pada bulan Oktober 2016 silam. Saat itu dia mengaku sebagai Post-Doctoral alias Asistent Profesor di TU Delft.

Namun semua kebohongan tersebut akhirnya terbongkar setelah koelganya yang sama-sama ilmuwan sendiri mengungkapkan skandal Dwi Hartanto. Orang itu mengatakan, “Teman-teman DH yang mengetahui latar belakangnya sudah tahu lama. Hanya mereka tidak bisa speak up. Perlu courage,” kata Deden Rukmana, yang menjadi salah satu anggota Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional.

Beberapa hari lalu, Dwi Hartanto sendiri secara terang-terangan telah memberikan klarifikasi mengenai kebohongannya tersebut di halaman resmi Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Delft.

Di dunia ilmuwan, kebohongan dan penjiplakan ini merupakan salah satu dosa besar bagi ilmuwan itu sendiri serta bagi akademisi. Dan ternyata mereka melakukan semua itu bukanlah tanpa alasan, ada tiga alasan mendasar yang mendorong seorang ilmuwan melakukan kebohongan. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Popularitas
  2. Godaan gelar akademik.
  3. Keuangan. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...