Penyebab Komputer Berisik dan Cara Mengatasinya

Penyebab Komputer Berisik dan Cara Mengatasinya

121
memuat...
Penyebab Komputer Berisik dan Cara Mengatasinya
Penyebab Komputer Berisik dan Cara Mengatasinya

Harianpost.co.id – Tak jarang kita mendapati komputer ketika dinyalakan terdengar berisik atau berbunyi, bagi pengguna komputer aktif tentu sudah tidak asing lagi dengan masalah seperti itu, entah ketika kita sedang membuka aplikasi terlalu banyak atau bahkan ketika komputer baru saja dinyalakan, terlebih lagi ketika kita sedang membuka game.

Sebagian pengguna komputer sepertinya masih belum tahu banyak tentang penyebab komputer berisik padahal itu adalah komputer kesayangan kalian. Tapi walaupun sering terjadi, masalah komputer berisik tersebut sebenarnya sangat mudah sekali diatasi, dan pada kesempatan kali ini kita juga akan membahas tentang penyebab komputer berisik dan cara mengatasinya.

Tanpa panjang lebar lagi, berikut ini adalah penyebab komputer berisik serta cara mengatasinya dengan cepat agar tidak terjadi masalah yang lebih serius lagi:

Menumpuknya debu dan kotoran

Tahukah kalian bahwa komputer berisik itu bisa juga disebabkan karena adanya debu dan kotoran yang sudah menumpuk di dalam komputer dan kita jarang sekali membersihkannya. Cara mengatasinya adalah dengan membuka cashing komputer tersebut kemudian lakukan pembersihan di bagian dalamnya hingga benar-benar bersih. Alat yang kalian butuhkan cukuplah menggunakan kuas atau lebih bagus lagi menggunakan blower dan bantuan cutton buds.

Kipas yang kotor atau rusak

Masih sama dengan poin diatas yaitu tentang kotoran atau debu, ketika kalian dalam proses membersihkan komputer, periksa juga di bagian kipasnya barangkali ada kotoran di dalam kipas tersebut, jika kipas tersebut dalam keadaan bersih, cek apakah kipas tersebut kondisinya normal atau rusak. Sebab kipas rusak juga akan menyebabkan komputer berisik.

Kabel tidak terpasang rapi

Setelah membersihkan semua sudut komputer tersebut, akan tetapi komputer masih saja berisik, periksa semua kabelnya apakah sudah terpasang dengan benar dan baik, jika sudah maka kalian cobalah untuk merapikannya. Biasanya kipas yang tidak rapi itu bisa juga menggangu perputaran kipas yang akhirnya menimbulkan suara berisik.

Longgarnya komponen yang dipasang

Kalian bisa juga memeriksa semua komponen komputer apakah sudah terpasang dengan benar dan tidak kocak atau longgar. Sebab sudah jelas bahwa ketika komputer dinyalakan tentu akan menimbulkan getaran dan jika ada komponen yang tidak terpasang dengan benar maka sudah tentu akan menimbulkan suara. Salah satu contohyna pemasangan skrup yang tidak terlalu kuat.

CPU Over heating

Siapa yang menyangka bahwa komputer yang mengalami over heating atau terlalu panas juga bisa menyebabkan munculnya suara berisik pada komputer. Kita sebagai pengguna komputer biasanya seringkali menggunakan komputer secara multitasking, kebiasaan itu biasanya muncul ketika kita ingin menyelesaikan pekerjaan secepat mungkin dengan membuka beberapa aplikasi sekaligus. Hal itu membuat komputer harus bekerja terlalu keras dan akhirnya over heating. Cara mengatasinya adalah dengan menambahkan kipas tambahan pada CPU-nya. Hal ini dimaksudkan agar suhu di dalam CPU tetap stabil dan tidak mudah panas. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...