Cara Merawat Komputer Agar Tidak Mudah Rusak

Cara Merawat Komputer Agar Tidak Mudah Rusak

102
memuat...
Cara Merawat Komputer Agar Tidak Mudah Rusak
Cara Merawat Komputer Agar Tidak Mudah Rusak

Harianpost.co.id – Dulu, komputer menjadi perlatan elektronik yang masih sangat langka dan masih jarang sekali ditemui, hanya orang-orang tertentu saja yang memiliki komputer. Akan tetapi sekarang, hampir setiap orang sudah memiliki komputer atau laptop. Hal itu karena harga komputer sendiri semakin kesini semakin terjangkau, selain itu banyak orang yang mulai menyadari bahwa komputer memang sangat dibutuhkan untuk membantu aktivitas mereka sehari-hari mulai dari belajar hingga menyelesaikan pekerjaan mereka.

Walaupun bisa dikatakan bahwa komputer sekarang ini bukan lagi menjadi barang yang langka dan wah yang hanya bisa dimiliki oleh kalangan tertentu saja, akan tetapi sebagai pemilik dna pengguna komputer kalian tetap harus menjaga dan merawat komputer agar tidak mudah rusak dan bisa tetap digunakan dalam jangka waktu yang lama alias awet. Mengapa kami menghimbau demikian, sebab ternyata masih banyak pengguna komputer yang menyepelekan ha tersebut yaitu merawat komputer, sebab prinsip orang jaman sekarang, kalau rusak ya sudah diantar saja ke tukang service.

Hal itu tentu tidaklah bijak bagi pengguna komputer yang baik, kita tetap harus merawat dan menjaganya dengan sebaik-baiknya jadi kita tidak perlu memperbaikinya atau bahkan membeli komputer baru. Nah, berikut ini ada beberapa tips tentang cara merawat komputer agar tidak cepat rusak yang bisa kalian jadikan referensi.

Bersihkan CPU komputer

Rajin memberishkan CPU/komputer/laptop, paling tidak bersihkanlah setiap enam bulan sekali terlebih untuk komputer jenis PC yang sangat rentan sekali terkena debu dan hal itu merupakan pemicu utama komputer rusak.

Usahakan untuk tidak menggunakan komputer ketika hujan lebat

Usahakan jangan menggunakan komputer ketika hujan lebat terlebih lagi komputer yng sudah tersambung dengan koneksi internet. Sebab ketika hujan lebat banyak petir, kemungkinan jaringan komputer tersambar petir juga besar.

Matikan komputer sesuai dengan prosedur yang benar

Meskipun kalian sedang dalam keadaan terburu-buru, usahakan untuk tetap mematikan komputer dengan cara yang benar, jangan langsung mematikannya lewat tombol power yang ada di PC atau komputer atau laptop. Sebab itu bisa merusak hardisk dengan cepat.

Uninstall program yang tidak terpakai

Agar space hardisk tidak terlalu termakan, ada baiknya kalian periksa program-program yang tidak digunakan atau tidak terpakai, sebab itu akan membuat kinerja hardisk terbebani dan cepat rusak.

 

Hindari penggunaan komputer overheating

Ketika kalian sudah menggunakan komputer dalam waktu yang lama, istirahatkanlah komputer kalian dan jangan biarkan komputer tersebut mengalami overheating sebab komponen komputer akan terganggu dan cepat rusak hingga membuat komputer kalian juga akan rusak.

 

Jangan menggunakan laptop diatas kasur

Jika kalian mempunyai laptop, hindari penggunaan diatas kasur sebab laptop yang letaknya diatas kasur itu nanti akan cepat panas dan udara tidak bisa masuk melalui saluran udara yang berfungsi untuk mendinginkan laptop. Hal itu akan membuat laptop cepat rusak.

Jangan meletakkan benda diatas laptop

Meletakkan benda diatas laptop sama saja dengan memicu kerusakan laptop lebih cepat, terlebih lagi jika benda tersebut berat. Perlu diingat juga usahakan untuk tidak meletakkan handphone diatas atau dekat dengan laptop sebab radiasinya bisa merusak benda-benda elektronik lainnya. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...