Kebiasaan yang Bikin Cepat Tua Padahal Masih Muda

Kebiasaan yang Bikin Cepat Tua Padahal Masih Muda

447
memuat...
Kebiasaan yang Bikin Cepat Tua Padahal Masih Muda
Kebiasaan yang Bikin Cepat Tua Padahal Masih Muda

Harianpost.co.id – Kita tentu pernah melihat atau bahkan bertemu dengan orang yang masih berusia muda akan tetapi sudah terlihat tua, kita sering menyebutnya dengan penuaan dini. Penuaan dini ini dianggap sebagai sesuatu yang sangat menakutkan bagi sebagian orang terutama bagi seorang wanita. Nah, bisa jadi anda yang saat ini datang kesini merupakan salah satu diantara mereka yang merasa mengalami penuaan dini.

Kita perlu tahu dan meyadari bahwa penuaan dini disebabkan karena kebiasaan kita sehari-hari, kebiasaan seperti apa saja itu? Berikut ini adalah kebiasaan yang bikin cepat tua padahal masih muda:

Kurang Tidur

Kurang tidur memang tidak baik bagi kesehatan tubuh jika dibiarkan terus-menerus, dan dalam jangka waktu yang tidak terlalu panjang akan membuat kulit mejadi mudah keriput atau terliaht cepat tua. Sebagian dari kita mungkin tidak sadar bahwa tidur itu merupakan aktivitas yang bisa mengencangkan kulit seseorang, tidur merupakan aktivitas untuk meregenerasi sel kulit dan memperlancar pembuangan toksin.

Merokok

Bahaya merokok tidak hanya untuk paru-paru saja akan tetapi juga bisa merusak kulit sehingga menjadi mudah keriput atau cepat tua. Sebab nikotin atau tembakau tersebut mampu membuat enzim pemecah elastisitas kulit aktif.

Kurang Olahraga

Untuk masalah yang satu ini sepertinya kita sudah pada tahu bahwa olahraga memang cara terbaik untuk membantu mengembalikan kebugaran tubuh dan melancakan aliran darah sehingga menjaga kulit menjadi tetap elastis dan kencang, orang yang kurang olahraga akan terlihat tampak kusam dan lama kelamaan akan terlihat semakin cepat tua.

Mendengarkan Lagu/Musik dengan keras

Terkadang ketika mood kita baik kita justru akan mendengarkan lagu lebih keras dari biasanya, sebab dengan begitu kita lebih bisa menikmati musik yang kita sukai. Akan tetapi kita sering tidak menyadari bahwa kebiasaan itu justru tidak baik untuk pendengaran kita dan pendengaran yang berkurang menjadi salah satu pemicu penuaan dini. Jadi sebaiknya hilangkan kebiasaan seperti itu.

Olahraga Berlebihan

Kurang olahraga bisa membuat kulit kusam dan menyebabkan penuaan dini, akan tetapi bukan berarti dengan olahraga yang berlebihan akan membuat kita semakin awet muda. Justru olahraga yang terlalu berat itu akan membuat sendi menjadi kaku serta terjadi peradangan atau infeksi, jadi lakukan olahraga yang sewajarnya saja, tidak lebih dan tidak kurang, itulah olahraga yang baik.

Stres Berkepanjangan

Kemampuan mengontrol pikiran diri sendiri merupakan suatu kelebihan yang membawa banyak manfaat, selain bisa terhindar dari gangguan jiwa, hal itu juga bisa membuat seseorang menjadi awet muda. Stress yang berkepanjangan akan membuat seseorang terlihat menjadi lebih tua, jadi sangat penting sekali untuk tetap rileks.

Duduk Terlalu Lama

Dari kebiasaan-kebiasaan di atas tadi, bisa dikatakan yang paling bahaya membuat seseorang cepat tua adalah kebiasaan duduk terlalu lama, entah itu di depan televisi, di depan komputer atau hal lainnya yang mengharuskan seseorang untuk duduk terlalu lama. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...