Efek Negatif Operasi Angkat Rahim bagi Wanita

Efek Negatif Operasi Angkat Rahim bagi Wanita

580
memuat...
Efek Negatif Operasi Angkat Rahim bagi Wanita
Efek Negatif Operasi Angkat Rahim bagi Wanita

Harianpost.co.id – Setiap wanita pasti menginginkan dan mendambakan mempunyai rahim yang sehat, maka dari itulah sebagai wanita seperti sangat penting untuk mengetahui ciri-ciiri rahim sehat itu seperti apa. Namun ternyata sebagian wanita ada yang tidak beruntung sebab mereka harus menghadapi penyakit pada rahimnya yang terkadang mengharuskan mereka untuk melakukan operasi angkat rahim. Tentu saja operasi angkat rahim ini merupakan mimpi buruk bagi setiap wanita sebab banyak dampak yang harus diterima setelah mereka melakukan operasi angkat rahim, namun ada beberapa wanita yang justru memilih jalan operasi angkat rahim karena alasan kesehatan.

Keputusan untuk melakukan operasi angkat rahim tersebut tentu saja atas pertimbangan dari dokter yang bersangkutan dan hal itu tentu juga ada sangkut pautnya dengan kondisi kesehatan si wanita tersebut. Sepertinya contohnya potensi munculnya penyakit seperti tumor di area rahim, radang panggul, penebalan rahim bahkan kanker rahim.

Sementara itu setiap jenis operasi itu tergantunga pada kondisi rahim serta sistem reproduksi wanita. Mengambil keputusan untuk melakukan operasi angkat rahim ini tentu bukanlah keputusan yang mudah, sebab ini merupakan operasi yang besar yang disertai dengan dampak yang besar juga, sekalipun setelah melakukan operasi angkat rahim ini nanti kesehatan wanita akan menjadi lebih baik dari sebelumnya. Nah berikut ini adalah beberapa dampak atau efek negatif operasi angkat rahim bagi wanita:

Tidak Dapat Hamil lagi

Dampak yang sudah jelas terlihat dari operasi angkat rahim adalah wanita tersebut tidak akan bisa hamil lagi, ini tentu saja merupakan pukulan berat bagi keluarga terutama bagi wanita itu sendiri. Sebab rahim merupakan tempat berkembangnya janin yang selalu diidam-idamkan oleh kebanyakan orang, maka jika harus kehilangan rahim jelas ini merupakan kenyataan yang sangat menyakitkan.

Kondisi Mental

Efek samping operasi angkat rahim berikutnya adalah perubahan emosional, hal ini disebabkan karena ketidakmampuan seorang wanita untuk hamil lagi yang mana hal tersebut jelas akan mempengaruhi pikiran wanita tersebut. Perasaan sedih yang teramat dalam hingga tidak nafsu makan, bahkan tak jarang terjadi depresi sudah sering terjadi pada sebagian wanita yang melakukan operasi angkat rahim. Maka dari itulah dukungan keluarga terutama dari suami sangat dibutuhkan.

Menopause

Menopause disini berarti kondisi seorang wanita yang sudah tidak lagi mengalami menopause, sebenarnya setiap wanita pasti akan mengalami fase menopause, namun bagi seorang wanita yang melakukan operasi angkat rahim maka sudah bisa dipastikan mereka tidak akan lagi mengalaminya. Ketidakmampuan wanita mengalami fase menopause ini seiring dengan diangkatnya ovarium yang berfungsi untuk melepaskan sel telur.

Rentan terhadap Masalah Kesehatan Lainnya

Efek samping lainnya dari operasi angkat rahim adalah tubuh wanita yang bersangkutan itu akan rentan sekali terhadap berbagai macam penyakit, seperti penyakit jantung, osteoporosis, nyeri sendi, dan hipertensi. Akan tetapi tidak semua wanita yang melakukan operasi angkat rahim akan mengalami hal ini akan tetapi bisa saja wanita mengalaminya walaupun prosentasenya sangat kecil sekali.

Kondisi Fisik

Tentu akan ada perubahan kondisi fisik pada wanita pasca operasi angkat rahim. Mereka biasanya akan mudah merasa lelah meskipun tidak begitu berat melakukan aktifitas, selain itu biasanya juga akan mengalami rambut rontok, dan yang paling menakutkan adalah setelah operasi angkat rahim biasanya akan mengalami penambahan berat badan. Sementara wanita selalu menginginkan tubuh mereka selalu ramping. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...