Tahukah Kamu? Sekarang Kalian Wajib Daftar Ulang Nomor Ponsel, Kalau Tidak…

Tahukah Kamu? Sekarang Kalian Wajib Daftar Ulang Nomor Ponsel, Kalau Tidak…

315
memuat...
Sekarang Kalian Wajib Daftar Ulang Nomor Ponsel
Sekarang Kalian Wajib Daftar Ulang Nomor Ponsel

Harianpost.co.id – Kominfo akan segera mewajibkan seluruh pengguna ponsel untuk melakukan pendaftaran ulang kartu SIM masing-masing dengan menggunakan KTP dan KK. Meskipun terdengar simple dan mudah, akan tetapi nyatanya banyak pengguna ponsel yang masih belum mendaftarkan ulang nomor ponsel mereka. Kebijakan tersebut diberlakukan mulai tanggal 31 Oktober 2017 hingga 28 Februari 2018 mendatang.

Pendaftaran tidak hanya dilakukan untuk nomor ponsel yang baru saja akan tetapi juga nomor yang sudah lama perlu didaftarkan ulang. Kebijakan tersebut langsung diungkapkan oleh Menteri Koinfo, Rudiantara.

Rudiantara mengungkapkan bahwa kewajiban mendaftarkan kartu SIM dengan NIK ini sudah diberlakukan sejak tahun 2005 silam, namun karena sistem yang tidak memungkinkan jadinya kebijakan tersebut tidak sepenuhnya berjalan. Dan kebijakan tersbut baru dirasa akan berjalan dengan lancar setelah diadakannya program e-KTP, sebab dengan e-TKP ini warga negara indonesia akan memiliki nomor identitas tunggal jadi tidak bisa dipalsukan.

Untuk memperlancar program registrasi ulang kartu SIM ini pemerintah sudah bekerja sama dengan operator telekomunikasi dan Direktorat Jendral Kependudukan dan Pencatatan Sipil selaku pemilik database kependudukan warga negara indonesia. Registrasi ulang atau daftar ulang kartu SIM ini berlaku untuk semua pengguna kartu entah itu pra bayar maupun pasca bayar. Sementara bagi pengguna yang tidak melakukan registrasi ulang maka akan dikenakan sanksi, sanksi tersebut akan dilakukan secara bertahan, mulai dari menon-aktifkan panggilan dan sms, akses internet dan yang terakhir akan dilakukan pemblokiran kartu.

Bagaimana cara melakukan registrasi? Bagi pengguna baru, registrasi dapat dilakukan dengan cara melakukan pengiriman sms ke nomor 4444 dengan format NIK#NomorKK#, sedangkan untuk pengguna kartu lama formatnya ULANG#NIK#NomorKK. Nah, mulai sekarang siapkan diri kalian untuk melakukan daftar ulang kartu SIM ya. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...