Bahaya Pemanis Buatan bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Bahaya Pemanis Buatan bagi Kesehatan Tubuh Manusia

109
memuat...
Bahaya Pemanis Buatan bagi Kesehatan Tubuh Manusia
Bahaya Pemanis Buatan bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Harianpost.co.id – Seiring meningkatnya program diet di kalangan masyarakat, pemanis buatan pun juga menjadi bahan yang kerapkali digunakan. Banyak makanan-makanan yang mengandung pemanis buatan seperti permen karet, selai, soda dan minuman sirup, sementara kalori yang terdapat di dalam pemanis buatan seperti sakarin, sukrolosa, siklamat dan juga aspartam bisa dikatakan sedikit sehingga masih aman untuk dikonsumsi dan tidak meningkatkan gula darah yang terlalu signifikan.

Meskipun begitu, jangan selalu beranggapan bahwa pemanis buatan yang sudah disebutkan diatas tadi betul-betul aman bagi kesehatan tubuh, tetap saja ada efek samping yang harus kita waspadai. Kita perlu tahu bahwa kebanyakan produk pemanis buatan tidak mengandung kalori, kalaupun ada mungkin kadarnya sangat rendah sekali dan jika dikonsumsi secara berlebihan atau setiap hari akan bis memicu bahaya penyakit.

Berikut ini adalah bahaya pemanis buatan bagi kesehatan tubuh manusia yang harus anda waspadai:

Diabetes Tipe 2

Pemanis buatan pada umumnya memang dikonsumsi oleh penderita diabetes sebab hal itu akan membatasi mereka dalam mengkonsumsi gula dalam rangka untuk mencegah menignkatnya gula darah. Menurut penelitian dari Eropa, justru mengkonsumsi pemanis buatan ini akan lebih beresiko dua kali lipat mengalami diabetes tipe 2.

Penimbunan Lemak Perut

Para konsumen pemanis buatan ini rata-rata selalu memiliki lingkar pinggangnya cenderung mengalami peningkatan. Tidak hanya itu saja, bahkan jumlah lemak di dalam perut akan semakin meningkat yang mana penyebab utamanya adalah aktivitas dar isebuah gen yang masih ada hubungannya dengan sel lemak baru hasil produksi dari mengkonsumsi sukralosa.

Kecanduan Gula

Para peneliti benar-benar yakin bahwa pemanis buatan yang telah dikonsumsi secara rutin dan terus-menerus dalam jangka waktu yang lama akan mampu meningkatkan atau berpotensi besar tubuh seseorang akan lebih sensitif terhadap gula. Sebab kesensitifan tubuh menjadi lebih meningkat, maka secara otomatis hal itu menjadi penyebab otak semakin kecanduan gula.

Berat Badan Berlebih

Di atas tadi sudah disinggung bahwa bahaya mengkonsumsi pemanis buatan yang berlebihan atau dikonsumsi secara terus-menerus akan mengakibatkan adanya penumpukan lemak serta peningkatan lingkar pinggang. Dan jika dua hal itu tidak segera diatasi dengan cara membatasi pengkonsumsian pemanis buatan maka itu artinya orang tersebut membiarkan tubuhnya mengalami obesitas atau kelebihan berat badan.

Persalinan Prematur

Siapa yang menyangka bahwa pemanis buatan itu sangat berbahaya bagi kesehatan meskipun banyak orang beranggapan bahwa pemanis buatan itu jauh lebih baik dari gula. Sebuah penelitian dari hasil studi kohort di Denmark telah menemukan bahawa dari tahun 1996 – 2002, sekitar 59 ribu lebih wanita telah diteliti dan hasilnya sangat mengejutkan, mereka yang sering meminum minuman yang mengandung pemanis buatan lebih berpotensi mengalami persalinan secara prematur. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...