Tahukah Kamu? Inilah Arti Mata Kedutan Yang Sebenarnya

Tahukah Kamu? Inilah Arti Mata Kedutan Yang Sebenarnya

211
memuat...
Arti Mata Kedutan Yang Sebenarnya
Arti Mata Kedutan Yang Sebenarnya

Harianpost.co.id – Ketika mata tiba-tiba kedutan biasanya kita menganggap bahwa kita akan kedatangan rezeki atau pertanda bahwa ada seorang yang sedang merindukan kita. Namun menurut dokter ahli saraf, mata kedutan itu merupakan isyarat dari tubuh seseorang, isyarat eperti apakah itu?

“Dengan kemajuan teknologi, sudah ditemukan bahwa itu bukan, bahkan bukan penyakit. Itu karena saraf yang mengurusi wajah atau disebut saraf fascialis atau saraf nomor 7 terganggu oleh pembuluh darah kecil yang menempel di sarafnya,” tutur dokter spesialis bedah saraf. Sofyan-dokter ahli bedah saraf- menjelaskan bahwa diameter pembuluh darah itu sekitar 2mm, sementara saraf nomor 7 diameternya sekitar 1 sampai 2 mm.

“Akibatnya, karena saraf nomor tujuh ini yang bertugas menggerakan wajah, pipi, mulut, dia akan merot terus hilang lagi. Kejang-kejang wajahnya lalu hilang lagi,” Lanjut Sofyan. Mata kedutan yang berlangsung dalam waktu singkat itu bukanlah menjadi tanda adanya masalah, akan tetapi jika kedutan yang berlangsung dalam jangka waktu yang lama itu butuh penanganan dengan segera.

Dokter Sofyan juga mengatakan bahwa mata kedutan itu bisa juga terjadi karena adanya otot yang lelah, dan itu bisa diatasi dengan cara memberikan pijatan. “Dipijat selesai. Gerakannya ke arah keluar (dari bawah ke atas) 20 kali,” katanya. Sofyan pernah menemui pasien yang mengalami mata kedutan selama 45 tahun tidak berhenti yang akhirnya harus dilakukan operasi, setelah operasi mata kedutan orang tersebut pun selesai.

Operasi untuk mengatasi mata kedutan yang tidak berhenti-berhenti itu perlu tindakan yang sangat hati-hati sekali sebab pusat masalahnya berada pada daerah batang otak, dimana disitulah tempat pengaturan aktivitas. (www.harianpost.co.id)

 

 

Komentar

Loading...