Penyebab Komputer Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya

Penyebab Komputer Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya

1049
memuat...
Penyebab Komputer Mati Sendiri
Penyebab Komputer Mati Sendiri

Harianpost.co.id – Dijaman sekarang ini hapir seluruh lapisan masyarakat sudah memiliki computer atau laptop, sebab perangkat eletronik yang satu ini memang memiliki fungsi dan manfaat yang sangat besar dan sangat membantu aktivitas seseorang di jaman modern dan serba digital. Bahkan sudah banyak sekali aktivitas yang saat ini sudah bergantung pada computer, tapi bagaimana jika tiba-tiba computer mati sendiri ketika digunakan bekerja? Tentu kalian akan panik jika saat itu pekerjaan kalian belum selesai atau apa yang sudah kalian selesaikan tadi belum tersimpan.

Computer mati sendiri itu biasanya disebabkan karena dua kasus yaitu mati tanpa adanya peringatan terlebih dahulu dan mati dengan ada peringatan dini. Apapun jenis kasusnya, yang jelas kalian pasti akan bertanya-tanya apa penyebab computer mati sendiri dan bagaimana cara mengatasi computer yang mati sendiri tersebut. Bagi kalian yang ingin tahu penyebab computer mati sendiri dan cara mengatasinya, berikut ini akan kami bagikan informasi mengenai penyebab computer mati sendiri dan cara mengatasinya.

Prosessor mengalami over heating (kepanasan)

Ketika processor sudah dalam kondisi yang panas, maka computer secara otomatis akan mati dengan sendirinya tanpa ada peringatan terlebih dahulu. Sebenarnya, hal itu adalah upaya yang dilakukan oleh computer agar komponen di dalamnya tidak mengalami kerusakan.

Cara mengatasinya: Cari terlebih dahulu penyebab processor kepanasan, buka PC kalian. Perhatikan pada bagian kipas angin processornya dan cek masih berfungsi atau tidak. Jika masih berfungsi bersih kotoran-kotoran yang menggangu.

Virus yang menyerang komputer Anda

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa computer apapun jenisnya, selalu rawan dan rentan terhadap serangan virus, hampir dipastikan tidak ada komputer yang tidak pernah sekalipun terserang oleh virus. Nah sebagai pengguna computer baiknya kita bisa lebih berhati-hati ketika menggunakan komputer terlebih lagi jika setiap aktivitas kita selalu menggunakan computer dan internet. Internet merupakan habitatnya virus.

Cara mengatasinya: Jika computer mati sendiri karena virus, maka solusinya adalah dengan melakukan instalasi ulang computer atau laptop kalian. Melakuan scanning saja biasanya tidak akan cukup menendang virus dari computer kalian.

Ada kerusakan pada hardware

Computer mati sendiri bisa juga disebabkan karena kerusakan pada hardwarenya, sedangkan hardware yang sering menjadi penyebab computer mati sendiri adalah kerusakan pada VGA. Hardisk dan processornya. Dari ketiga kerusakan hardware tersebut yang paling sering terjadi adalah kerusakan hardisk.

Cara mengatasinya: Lakukan pengecekan terhadap hardisk atau hardware yang bermasalah. Untuk hardisk cara cek hardisk tersebut rusak atau tidak adalah dengan mencoba menggantinya dengan hardisk lain terlebih dahulu jika ternyata computer baik-baik saja dengan menggunakan hardisk lain itu maka sudah bisa dipastikan bahwa hardisk milik kalian rusak. Jalan satu-satunya jika hardisk rusak adalah beli yang baru. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...