Eksotisme Pemandian Alam Sampuran Mual di Balata

Eksotisme Pemandian Alam Sampuran Mual di Balata

82
memuat...

Harianpost.co.id Keindahan alam berupa hamparan hijaunya perbukitan berpadu dengan kejernihan air dalam sebuah kolam menjadi perpaduan yang sangat menarik. Panorama tersebut dapat dijumpai di Sampuran Mual di Balata atau yang juga dikenal dengan Mual Tio.

Sampuran Mual terletak di desa Tiga Balata, kecamatan Gorlang Hataran, kabupaten Simalungun, Sumatra Utara. Sampuran di daerah Simalungun sebenarnya identik sebagai sebutan untuk air terjun. Namun yang unik, kolam pemandian ini diberi nama Sampuran karena menurut masyarakat sekitar, padajaman dahulu di sepanjang sisi bebatuan sekitar kawasan Balata mengeluarkan ari yang jernih, dan kemudian pemerintah membangun tembok untuk mengalirkan air ke kota Pematang Siantar.

Kejernihan air di pemandian ala mini memang sangat jernih layaknya kolam air mineral. Menurut penduduk sekitar, air tersebut berasal dari Danau Toba karena terdapat ikan pora-pora disekitar kolam pemandian. Jernihnya air yang berwarna kebiru-biruan Nampak seperti kolam renang pribadi. Sebagai informasi, fasilitas umum di sekitar pemandian ala mini sudah cukup memadai, sehingga para pengunjung tidak perlu khawatir.

Komentar

Loading...