Cara Menyembuhkan Hematuria (Kencing Darah) Paling Ampuh

Cara Menyembuhkan Hematuria (Kencing Darah) Paling Ampuh

80
memuat...
Cara Menyembuhkan Hematuria
Cara Menyembuhkan Hematuria

Harianpost.co.id – Cara menyembuhkan hematuria atau kencing darah ini sepertinya sangat penting sekali untuk diketahui oleh setiap orang sebab hemarturia tergolong berbahaya jika tidak segera diberikan penanganan. Hematuria adalah sebuah gejala penyakit yang harus diatasi dengan benar, ada beberapa penyakit serius yang ditandai dengan hematuria, diantaranya adalah infeksi saluran kencing, penyakit ginjal dan penyakit prostat.

Hematuria sendiri sebenarnya adalah tanda atau gejala, bahwa di dalam tubuh seseorang sedang terjadi gangguan kesehatan, penyakit yang paling sering ditandai dengan Hematuria adalah infeksi saluran kencing. Hematuria adalah petunjuk bahwa saluran kencing seseorang sedang dalam kondisi sakit dan perlu dilakukan pengecekan, dokter nantinya akan menyuruh penderita untuk melakukan tes urine di laboratorium terlebih dahulu.

Dan karena Hematuria itu adalah sebuah gejala dan bukanlah sebuah penyakit, maka Hematuria ini besar kemungkinan bisa disembuhkan dengan cara memberikan pengobatan serta bisa dicegah dengan menjalani pola hidup yang sehat terutama untuk makanannya. Akan tetapi yang lebih penting lagi adalah kita bisa tahu terlebih dahulu apa saja penyebab terjadinya Hematuria, jadi dengan kita tahu penyebabnya maka dokter juga akan lebih mudah memberikan pengobatan hematuria yang tepat.

Dari analisa dan pemeriksaan dari dokter biasanya kita bisa tahu apa penyebab terjadinya Hematuria lebih detail lagi. Di bawah ini adalah beberapa penyakit yang bisa menyebabkan terjadi Hematuria:

  • Infeksi saluran kemih
  • Infeksi ginjal
  • Batu ginjal
  • Pembengkakan kelenjar prostat
  • Kanker prostat
  • Kanker kandung kemih
  • Kanker ginjal
  • Obat obatan
  • Benturan fisik saat berolahraga
  • Peradangan pada uretra
  • Obat obatan tertentu

Setelah kita tahu apa penyebab terjadinya hematuria, dokter akan lebih mudah memberikan obat untuk menyembuhkan hematuria tersebut. Karena hematuria sendiri adalah gejala, jadi pengobatan untuk hematuria pun sebenarnya tidak. Jadi dokter akan fokus untuk mengobati penyakit yang menyebabkan terjadinya hematuria tersebut. Di bawah ini adalah beberapa pengobatan yang bisa dilakukan oleh dokter untuk menyembuhkan hematuria:

Pemberian antibiotik

Antibiotic merupakan jenis obat yang bisa digunakan untuk menghambat dan membunuh segala jenis bakteri yang ada di dalam tubuh seseorang, biasanya antibiotic ini akan diberikan kepada pasien yang mengalami infeksi. Dan karena hematuria juga disebabkan karena infeksi saluran kencing atau infeksi ginjal, maka sudah pasti obat antibiotic ini perlu untuk diberikan.

Pemberian obat pembengkakan prostat

Apabila hematuria itu terjadi karena adanya pembengkakan prostat, maka sudah tentu dokter akan memberikan obat-obatan yang berguna untuk mengatasi pembengkakan tersebut. Obat-obatan jenis NSAID sangat bermanfaat sekali untuk mengatasi inflamasi pada prostat. Selain memberikan obat-obatan medis untuk prostat, biasanya dokter nanti juga akan menyarankan untuk penderita agar mengobati prostat secara alami.

Terapi gelombang kejut atau shock wave therapy

Terapi gelombang kejut ini biasanya dilakukan untuk mereka yang mengalami hematuria karena batu ginjal. Dokter biasanya akan selalu menyarankan kepada penderita agar melakukan terapi tersebut. Terapi ini sangat ampuh sekali untuk mengatasi batu ginjal yang berukuran kecil dan hematuria tidak akan terjadi lagi. Akan tetapi jika batu ginjalnya berukuran besar, maka perlu dilakukan operasi batu ginjal. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...