Tahukah Kamu? Kampung Di Sulawesi Ini Kental Dengan Nuansa Korea

Tahukah Kamu? Kampung Di Sulawesi Ini Kental Dengan Nuansa Korea

148
memuat...
Kampung korea di sulawesi tenggara
Kampung korea di sulawesi tenggara

Harianpost.co.id – Kalian yang cinta banget sama K-pop dan drama korea apakah sudah pernah berlibur ke kampung korea yang berada di Baubau Sulawesi Tenggara ini? Kampung ini merupakan kampung dari suku Cia Cia, berada di kampung suku ini kalian benar-benar seperti berada di Negara korea selatan sungguhan. Bagaimana tidak, semua yang ada di kampung ini mulai dari tanda jalan, papan nama bahkan sampai kurikulum sekolah pun menggunakan huruf Hangeul.

Menurut laporan dari beberapa sumber, awalnya penulisan bahasa Cia Cia ini menggunakan huruf arab gundul, akan tetapi banyak kata yang tidak bisa ditulis dalam huruf arab gundul tersebut. Akhirnya pada tahun 2009 silam di dalam symposium persamaan bahasa, pemerintah kota Baubau menerima aksara Hangeul sebagai aksara penulisan bahasa suku Cia Cia mulai saat itu hingga sekarang.

Yang membuat unik dari bahasa milik suku Cia Cia ini adalah kualitas bunyi dan perlambangan yang mirip sekali dengan bahasa Korea. Hal itu tentu saja menarik perhatian para antropolog Korea untuk melakukan penelitian di kampung Baubau, saking tertariknya bahkan mereka juga melakukan kerja sama seperti melaukkan pertukaran guru, pertukaran pelajar dan juga pertukaran budaya. Tak hanya itu saja, pemerintah Korea juga memberikan banyak bantuan dari segi infrastruktur hingga pendidikan.

Bagi kalian yang penasaran dengan kampung korea ini, bisa langsung berkunjung ke kecamatan Sowowalio terlebih dahulu dan belajarlah huruf Hangeul, dari pusat kota Baubau, kampung korea ini jaraknya hanya sekitar 15 km. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...