Flu Burung pada Manusia – Gejala, Penyebab dan Pencegahan

Flu Burung pada Manusia – Gejala, Penyebab dan Pencegahan

101
memuat...
Flu Burung
Flu Burung

Harianpost.co.id – Flu burung hingga sekarnag ini sebenarnya masih belum ditemukan apa obatnya, hal itu jika si penderita sudah terkena flu burung sudah parah. Akan tetapi jika penderita masih merasakan gejala-gejala flu burung, maka hal itu masih bisa dicegah dan diatasi. Penyakit flu burung ini tergolong ke dalam penyakit jenis influenza yang disebabkan oleh virus dan ditularkan oleh unggas. Butuh waktu sekitar tiga sampai tujuh hari untuk penyakit flu burung ini bisa terlihat atau bisa diidentifikasi oleh manusia sebelum gejala flu burung tersebut muncul.

Berikut ini adalah beberapa gejala flu burung yang wajib anda ketahui agar segera bisa melakukan pencegahan:

  1. Diare
  2. Pendarahan pada gusi dan hidung
  3. Nyeri pada dada dan otot
  4. Batuk – batuk
  5. Demam tinggi
  6. Sakit kepala
  7. Gangguan pernafasan

Penyebab flu burung

Seperti yang dijelaskan sedikit diatas tadi bahwa penyakit flu burung ini disebabkan oleh virus yang ditularkan oleh unggas kepada manusia. Sebab virus ini awalnya hanya menyerang para unggas, akan tetapi seiring berjalannya waktu virus tersebut ternyata bisa bermutasi menjadi ancaman bagi manusia, virus tersebut bernama virus H5N1 dan H7N9. Virus tersebut bisa menular ke manusia jika kita menyentuh langsung unggas yang terkena virus flu burung tersebut.

Bahaya flu burung

Jika gejala flu burung sudah muncul, maka langkah pengobatan harus cepat dilakukan dengan benar dan ini sangat penting sekali. Sebab jika tidak segera mendapatkan pertolongan maka akan sangat membahayakan diri manusia. Bahkan tak sedikit manusia yang mengalami kematian setelah terjangkit virus flu burung tersebut. Berikut ini adalah beberapa bahaya flu burung bagi manusia:

  • Pneumonia
  • Sindrom gagal napas akut
  • Kegagalan multi organ

Dari tiga bahaya tersebut, maka kemungkinan manusia akan meninggal dunia karena virus flu burung sangat besar sekali dan parahnya jika sudah masa akut atau parah maka akan sulit sekali disembuhkan. Yang bisa kita lakukan dari mulai sekarang adalah melakukan pencegahan flu burung.

Pencegahan flu burung

Seperti yang sudah dijelaskan sedikit diatas tadi bahwa flu burung ini sulit sekali disembuhkan akan tetapi kita bisa melakukan pencegahan agar tidak terjadi flu burung, hal utama yang harus kita lakukan adalah membersihkan sejumlah kawasan yang memiliki banyak unggas, maksudnya agar flu burung tidak muncul di tempat-tempat seperti itu.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mencegah flu burung:

  • Jika kita memiliki unggas, rajin lah membersihkan kandang unggas tersebut
  • Rajinlah mencuci tangan dengan baik dan benar
  • Pastikan jika kita mengkonsumsi daging atau telur unggas, daging atau telur tersebut sudah dimasak dengan baik dan benar. Ada banyak bahaya makan ayam belum matang bagi tubuh kita.
  • Jangan mengkonsumsi unggas liar.
  • Pilihlah daging unggas yang dipotong di tempat yang bersih. Jangan membeli daging unggas di tempat yang kebersihannya tidak higienis.
  • Hindari bepergian ke daerah yang sedang terkena wabah flu burung.

Jangan untuk selalu menggunakan masker ketika anda bersentuhan dengan unggas atau ketika anda membersihkan kawasan yang penuh dengan unggas. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...