Wisata Edukasi Hutan Mangrove Wana Tirta di Kulon Progo

Wisata Edukasi Hutan Mangrove Wana Tirta di Kulon Progo

314
memuat...

Harianpost.co.id Hutan Mangrove Wana Tirta merupakan salah satu kawasan konservasi alam untuk pelestarian hutan mangrove yang terletak di perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah atau lebih teatnya di desa Jangkaran, kecamatan Temon, Kulon Progo. Disini terdapat bebagai jenis tanaman mangrove yang ditanam sesuai dengan jenisnya,  yakni di pinggir sungai atau di tempat yang berlumpur.

Mangrove yang ditanam disini dikelola dan dikembangkan oleh masyarakat sekitar yang bekerjasama dengan pemerintah dan sekolah-sekolah yang berguna untuk obyek studi dan penelitian unuk penanggulangan bencana alam seperti abrasi laut yang biasa terjadi di sekitar daerah pesisir. Tak hanya dijadikan sebagai obyek penelitian dan pembelajaran, Wana Tirta Hutan Mangrove ini kini juga dikembangkan sebagai wisata edukasi.

Di kawasan wisata edukasi ini dibagi menjadi 2 tempat sesuai dengan jenis lingkungan hidu mangrove, yakni jembatan mangrove dan goa mangrove. Jembatan mangrove berada di pinggir sungai yang melintasi kawasan wana wisata ini. Jenis mangrove yang dikembangkan adalah mangrove ari,jembatan disini dibuat agar para pengunjung dapat berjalan-jalan mengitari pinggiran sungai dan menikmati pemandangan indah diantara sungai dan tanaman mangrove.

Sedangkan kawasan goa mangrove terletak disebelah selatan sungai. Dikawasan ini jenis tanaman mangrove yang dikembangkan adalah mangrove yang hidup didaerah lumpur. Disebut dengan goa mangrove karena saat pengunjung datang kesini akan berjalan ditengan peopohonan mangrove sehingga terasa memasuki sebuah terowongan di dalam goa.

Fasilitas umum dikawasan wana wisata edukasi ini sudah cukup memadai dan didukung dengan beberapa fasilitas lain seperti persewaan perahu kano dan speedboat yang disediakan oleh pengelola.

Komentar

Loading...