Dampak Buruk Minum Air Kunyit Setiap Hari

Dampak Buruk Minum Air Kunyit Setiap Hari

3329
memuat...
Bahaya Minum Air Kunyit
Bahaya Minum Air Kunyit

Harianpost.co.id – Kunyit biasanya sering digunakan oleh seseorang sebagai bahan masakan atau jamu (ramuan herbal) setiap harinya, mulai dari membuat opor ayam, nasi kuning, pepes ikan dan masakan lainnya. Nah, bicara soal ramuan kesehatan dari kunyit (jamu), sekarang ini ternyata masih banyak juga orang yang masih menggunakannya karena memang dipercaya kunyit sangat bermanfaat sekali bagi kesehatan.

Penyakit-penyakit yang bisa diobati dengan kunyit contohnya seperti jantung, stroke, melindungi hati, menjaga pencernaan agar tetap sehat, dan masih banyak lagi. Namun begitu tidak selamanya kunyit itu memiliki dampak positif, terlalu sering minum kunyit justru bisa menimbulkan dampak negative bagi orang yang meminumnya.

Berikut ini adalah beberapa dampak buruk minum air kunyit yang perlu anda waspadai:

Memperparah Penyakit Asam Lambung

Kunyit memang sangat bagus sekali untuk menjaga kesehatan pencernaan, akan tetapi jika mengkonsumsinya terlalu sering atau setiap hari anda mengkonsumsinya justru akan menambah parah penyakit asam lambung, ini bagi anda yang memiliki riwayat punya penyakit asam lambung.

Membahayakan kesehatan Janin

Sebenarnya kunyit termasuk bahan yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui sebagai bumbu masakan, akan tetapi sangat tidak disarankan bagi ibu hamil dan menyusui untuk minum air kunyit sebab bisa merangsang rahim untuk masuk siklus haid. Dengan kondisi seperti itu, maka akan sangat membahayakan janin.

Detak Jantung tidak normal

Air kunyit itu sangat mempengearuhi detak jantung seseorang, apalagi jika mengkonsumsinya terlalu sering atau bahkan setiap hari. Jadi sangat disarakan untuk tidak mengkonsumsi air kunyit secara berlebihan.

Mudah mengalami Perdarahan

Kunyit memiliki sifat anti kogulan yang sangat berpotensi untuk meningkatkan resiko pendarahan. Jadi ini akan semakin memperburuk keadaan bagi anda yang ketika itu sedang mengalami pendarahan.

Sulit Diserap Tubuh

Bahan kunyit ini tergolong bahan alami yang sulit sekali diserap oleh tubuh seseorang, maka dari itulah sangat disarankan untuk tidak membeli suplemen yang berbahan dasar kunyit. Kalaupun ada, pilih yang mengadung priperin, priperin ini akan mempermudah kunyit untuk diserap oleh tubuh.

Hipotensi (Tekanan Darah Rendah)

Kunyit adalah salah satu obat hebal darang tinggi yang tergolong ampuh, jadi kunyit justru akan berdampak buruk bagi mereka yang memiliki riwayat pernah atau sering mengalami darah rendah. Sebab di dalam kunyit ini mengandung kurkurmin yang mampu menurunkan tekanan darah dengan cepat.

Memicu Alergi

Hingga sekarng ini banyak sekali kasus seseorang mudah terkena alergi karena terlalu seirng minum ramuan kunyit atau mengkonsumsi makanan atau minuman dengan berbahan kunyit. Jadi sangat disarankan bagi anda yang memiliki tubuh sensitive untuk tidak terlalu sering mengkonsumsi kunyit, bahkan akan lebih baik jika anda menghindarinya. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...