Bukit Teletubbies di Taman Nasional Rawa Aopa, Wisata Rasa California

Bukit Teletubbies di Taman Nasional Rawa Aopa, Wisata Rasa California

102
memuat...
Taman Nasional Rawa Aopa
Taman Nasional Rawa Aopa

Harianpost.co.id – Di Indonesia ini banyak sekali Taman Nasional, jadi keberadaannya sudah tidak asing lagi di telinga warga Negara Indonesia, sebab jika di total ada sektiar 45 taman nasional yang ada di Indonesia. Dari sekian banyak taman nasional tersebut tentu kalian juga sudah tidak asing lagi dengan beberapa taman nasional seperti Bromo Tengger Semeru, Taman Nasional Baluran, Taman Nasional Alas Purwo, dan masih banyak lagi. Dari contoh taman nasional yang baru saja kami sebutkan itu semua ada di pulau jawa, nah sementara ada salah satu taman nasional yang berada di Sulawesi yang juga digunakan sebagai konservasi flora dan fauna, namanya ada Taman Nasional Rawa Aopa yang terletak di Watumohai Sulawesi Tenggara.

Perbukitan yang mirip banget dengan Tempat Syuting Teletubies

Taman Nasional Rawa Aopa ini sepertinya masih tidak terlalu sering kita dengar dari pada taman nasional lainnya yang berada di Indonesia, akan tetapi jangan salah, pemandangan dan landscape yang dimilikinya bisa jadi lebih indah dari pada taman nasional lainnya. Taman Nasional Rawa Aopa memiliki hamparan savanna dengan rumput hijau dengan perbukitan di sepanjang mata memandang. Jadi tidak heran jika tempat ini juga disebut-sebut sebagai taman teletubies, sebab tempatnya memang sangat mirip sekali.

Taman Nasional Rawa Aopa
Taman Nasional Rawa Aopa

Luas Taman Nasional Rawa Aopa Melebihi kota Jakarta

Dimasukkan kedalam salah satu Taman Nasional sebab Taman Nasional Rawa Aopa ini luasnya terbentang hingga memasuki empat area kabupaten yang berada di Sulawesi Tenggara. Jika di total, maka luas secara keseluruhannya mencapai 1.050 kilometer persegi, jauh lebih luas dari kota Jakarta yang hanya memiliki luas sekitar 661.5 kilometer persegi. Dan yang membuatnya menarik adalah terdapat jalur penghubung yang membelah diantara perbukitan dan hamparan savanna nan cantik tersebut. Jika kita ingat-ingat lagi, jalanan tersebut mirip sekali dengan perbukitan yang ada di California, Amerika.

Taman Nasional Rawa Aopa
Taman Nasional Rawa Aopa

Menjadi Habitat Untuk Hewan-hewan Endemik

Burung merupakan salah satu satwa ikonik yang ada di tempat ini, total ada sekitar 155 jenis hewan dan 32 diantaranya adalah hewan langka. Sebut saja kacamata Sulawesi yang merupaka satwa langka dengan lingkaran putih yang ada di sekitar matanya. Spesies burung kacamata Sulawesi ini menjadi satwa di Taman Nasional Rawa Aopa yang keberadaannya semakin susah ditemukan di tempat lainnya. Kalian juga akan sering bertemu dengan gerombolan rusa liar di Taman Nasional Rawa Aopa.

Bagian dari Gerakan Global dalam rangka Menjaga Kelestarian Bumi

Taman Nasional Rawa Aopa dinobatkan sebagai Situs ramsar pada tanggal 6 Maret 2011. Situs Ramsar ini merupakan lahan basah yang didedikasikan sebagai tempat untuk kepentingan konservasi. Ramsar ini merujuk pada sebuah kota yang ada di Iran, kota tersebut menjadi tempat yang ditandatangani sebagai Konvensi Lahan Basah oleh tujuh Negara. Walaupun namanya unik dan terdengar asing, akan tetapi Taman Nasional Rawa Aopa ini menjadi bagian gerakan global dalam rangkan menjaga kelestarian di bumi.

Bagaimana? Penasaran juga kan dengan Taman Nasional Rawa Aopa? Pengen kesana? Buruan kemasi barang-barang kalian sekarng juga dan nikmati landscape teletubies yang mirip sekali dengan tempat di California tersebut. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...