Tahukah Kamu? 5 Agama Ini Dulu Ada, Sekarang Tinggal Kenangan

Tahukah Kamu? 5 Agama Ini Dulu Ada, Sekarang Tinggal Kenangan

205
memuat...
Agama yang pernah ada di dunia tapi sudah hilang
Agama yang pernah ada di dunia tapi sudah hilang

Harianpost.co.id – Di jaman dulu ternyata ada beberapa agama yang pernah dianut oleh sebagian masyarakat di dunia ini. Akan tetapi entah apa yang terjadi penganut agama itu telah menghilang seiring berjalannya waktu dan dengan berbagai alasan pula. Nah, berikut in adalah beberapa agama yang pernah ada tapi sekarang sudah punah:

1. Manicaeisme

Ada kabar yang menyebutkan bahwa agama Manicaeisme ini adalah agama kenabian yang pertama kali yang dianut oleh Nabi Mani pada tahun 200 M. Agama ini berkembang di wilayah timur tengah dan asia tengah, disitu terdapat banyak kuil agama Manicaeisme namun pada abad ke 13 kuil2 tersebut dihancurkan.

2. Mesoamerika

Agama Mesoamerika ini dulu banyak sekali penganutnya, termasuk suku-suku kuno yang ada di dunia seperti contohnya suku Aztec, suku maya dan lainnya. Akan tetapi sayangnya, tanpa ada alasan yang jelas agama tersebut sekarang ini sudah punah.

3. Din E Ilahi

Pencetus dari kepercayaan Din E Ilahi ini adalah seorang kaisar yang bernama Mughal Akbar dari India dan berdiri pada tahun 1582 Masehi. Ketika diteliti lebih dalam lagi ternyata konsep dari agama Din E Ilahi ini adalah menggabungkan beberapa elemen kebaikan banyak agama yang ada. Sayang, semenjak kaisar Muhgal Akbar meninggal agama ini mulai punah.

4. Rumva

Rumva adalah salah satu agama yang berasal dan berkembang di benua Eropa. Masih belum diketahui secara pasti kapan tepatnya agama ini berdiri akan tetapi yang jelas agama tersebut musnah oleh kaun teutonic ketika terjadi perang salib Livonian pada tahun 1387.

5. Mithraisme

Agama Mothraisme ini mengajarkan pada penganutnya tentang keselamatan dan pengabdian yang penuh. Agama ini sempat menjadi agama yang sangat populer di kawasan Mediterrania serta beberapa Negara lagi di wilayah Inggris, akan tetapi agama ini mulai punah semenjak abad ke 5 Masehi. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...