Cara Memperbaiki Memory Card Rusak atau Tidak Terbaca

Cara Memperbaiki Memory Card Rusak atau Tidak Terbaca

7461
memuat...
cara memperbaiki memory card yang tidak bisa diformat,cara memperbaiki memory card yang tidak terbaca sama sekali,cara memperbaiki kartu memori yang rusak tanpa memformat,cara memperbaiki kartu memori yang rusak total,cara memperbaiki kartu memori yang minta diformat,kartu sd rusak minta format,memory card tidak terbaca di pc,kartu memori tidak terbaca di hp samsung
Memperbaiki Memory Card Rusak

Harianpost.co.id – SD Card atau kita biasa menyebutnya dengan kartu SD atau sebagian orang juga menyebut memori eksternal adalah perangkat yang paling banyak dibutuhkan oleh pengguna smartphone di jaman seperti sekarng ini. Kartu tetap mereka butuhkan sekalipun smartphone yang mereka genggam sudah memiliki memori internal yang besar. Namun kehadiran memori Micro SD tetap saja mereka butuhkan untuk menyimpan data-datanya.

Nah, mungkin saja beberapa dari kalian pernah mengalami masalah smartphone tidak bisa membaca memori atau sebaliknya, memori tidak terbaca di smartphone. Karena memori tidak bisa terbca oleh smartphone tentu kita tidak bisa memindahkan file atau data yang ingin kita simpan ke memori.

Maka dari itulah pada kesempatan kali ini kami akan berbagi tips tentang bagaimana cara mengatasi atau memperbaiki memory card rusak atau tidak terbaca. Untuk mengatasi memory card tidak terbaca atau rusak, disini kami mempunyai empat cara jitu untuk memperbaikinya.

Cara 1: Membersihkan Kartu Memori

  • Pada pertolongan pertama, hal yang perlu kita lakukan untuk mengatasi masalah memory card tidak terbaca adalah dengan mengeluarkan kartu memory tersebut dari smartphone atau gadget kalian.
  • Kemudian bersihkan lempengan tembaga (warnanya kuning) dengan menggunakan penghapus pensil putih. Gosok-gosoklah perlahan sampai bersih. Dan jika kalian sudah yakin bahwa itu bersih masukkan kembali ke slot memori. Lihatlah sudah terbaca lagi atau belum.

Cara 2: Melakukan Format dari Android

  • Cara untuk memformat HP android pertama kali adalah dengan masuk ke menu setting kemudian pilih storage.
  • Di dalam menu storage tersebut akan ada pilihan Erase SD Card. Hapuslah SD Card tersebut sebab dengan manghapus SD Card akan membuat memori bersih seperti baru lagi.

Cara 3: Cek Error dari PC

  • Hubungkan HP android kalian ke computer/PC atau laptop dengan menggunakan kabel data.
  • Pastikan bahwa android sudah benar-benar terhubung, jika tidak periksa kembali. Dan pastikan juga android sudah terhubung dalam kondisi Mass Storage Mode, jadi bukan Media Transfer Mode.
  • Bukalah windows Explorer, klik kanan pada drive kartu meori, pilihlah properties kemudian pilih tools, lalu yang terakhir pilih error checking. Tunggulah hingga prosesnya selesai.
  • Setelah selesai, silahkan eject kartu memory tersebut dan masukkan ke smartphone lagi, cek apakah memory card tersebut sudah terbaca atau belum.

Cara 4: Format dari PC

Jika cara ketiga itu tadi masih belum bisa menjadi solusi, maka kita akan menggunakan cara yang terakhir

  • Buatlah folder baru di harddisk, berilah nama terserah yang mudah untuk tiingat sebagai tempat untuk menyimpan backup sementara memory card yang rusak tadi.
  • Copy lah seluruh isi kartu memory card ke dalam folder yang sudah kalian buat tadi.
  • Jika sudah selesai, format kartu memori tersebut.
  • Kemudian kembalikan lagi data-data yang sudah kalian backup tadi ke memory card yng sudah melalui proses format tadi.
  • Sekarang cek lagi, sudah normal kembali atau tidak.

Begitulah keempat cara memperbaiki memory card rusak atau tidak terbaca di smartphone. Jika keempat cara diatas tadi masih tidak bisa membantu juga, maka kalian bisa mengulanginya dari siapa tahu ada beberapa langkah yang terlewatkan. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...