Tips Mengatasi Smartphone Lemot Dengan Mudah

Tips Mengatasi Smartphone Lemot Dengan Mudah

419
memuat...
Tips Mengatasi Smartphone Lemot Dengan Mudah
Tips Mengatasi Smartphone Lemot Dengan Mudah

Harianpost.co.id – Saat kita baru saja membeli smartphone, tentu saja performa dan kinerja smartphone tersebut akan cepat sekali tanpa ada lag sedikitpun. Akan tetapi setelah beberapa kali pemakaian serta penggunaan yang terus menerus terkadang itu akan membuat smartphone kita berubah menjadi lemot, tidak selancar sebelumnya saat baru pertama kali membeli. Masalah smartphone lemot sebenarnya merupakan masalah yang sangat umum terjadi alias masalah yang wajar terjadi.

Jika kita mau berpikir realistis, kita sebenarnya tidak perlu merasa khawatir ketika smartphone kita lemot. Sebab selain penggunaan yang terus-menerus, banyak sekali faktor penyebab smartphone lemot ketika sudah dipakai dalam waktu yang lama atau ketika sudah tidak baru lagi. Namun bukan berarti smartphone lemot itu tidak bisa diperbaiki atau tidak bisa diatasi.

Ada beberapa cara untuk mengatasi smartphone lemot, dari pada penasaran maka langsung saja berikut ini adalah beberapa tips mengatasi smartphone lemot dengan mudah sekali dan bisa kalian lakukan sendiri di rumah:

Identifikasi Masalahnya

Langkah pertama yang harus kalian lakukan tentu saja adalah mencoba untuk mengidentifikasi masalah. Cobalah untuk memeriksa apakah terjadi masalah pada aplikasinya atau pada systemnya. Bagaimana cara mengidentifikasinya? Kalian bisa menggunakan aplikasi dari Qualcom yaitu Trepn yang bisa membantu kalian untuk mengetahui kinerja CPU smartphone.

Hapus File-File Sampah

Usahakan secara rutin kalian selalu menghapus file-file yang ada di sampah karena biasanya banyak file yang menumpuk dan tidak penting. Jika terlalu banyak tumpukan file tidak berguna, sudah bisa dipastikan akan membuat kinerja smartphone semakin buruk atau lemot. File-file sampah tersebut biasanya berasal dari aplikasi-aplikasi yang terinstall pada smartphone, jadi usahakan agar kalian selalu menghapus cache aplikasi-aplikasi secara rutin. Kalian bisa memanfaatkan fitur-fitur bawaan smartphone atau bisa juga dengan menggunakan aplikasi tambahan seperti CCleaner atau Clean Master.

Nonaktifkan Widget

Ini yang jarang kita sadari, widget ternnyata mengambil banyak daya dari smartphone. Jadi semakin banyak widget yang kalian gunakan, maka akan semakin berat pula kinerja smartphone kalian dan efeknya akan membuat smartphone lemot. Untuk mengatasinya, kalian bisa menonaktifkan widget-widget yang tidak penting atau widget yang jarang kalian gunakan.

Nonaktifkan Animasi Yang Tidak Perlu

Ada beberapa launcher yang menawarkan animasi-animasi menarik serta efek-efek khusus seperti Nova, Action atau Apex. Aplikasi-aplikasi tersebut memang membuat smartphone tampak lebih menarik akan tetapi di sisi lain juga akan membuat smartphone menjadi lebih lemot. Oleh karena itulah sebaiknya kalian memeriksa terlebih dahulu pengaturan launcher dan nonaktifkan beberapa animasi yang berjalan.

Tutup Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Pada artikel-artikel sebelumnya sudah pernah dibahas tentang penyebab smartphone error, salah satunya adalah aplikasi yang dibuka secara bersamaan di waktu yang sama. Membuka banyak aplikasi memang membuat kita lebih mudah jika ingin berpindah ke aplikasi satu ke aplikasi lainnya akan tetapi hal itu sebenarnya membuat kinerja smartphone menjadi semakin berat dan akhirnya menjadi lemot.

Restart Smartphone Kamu

Cara terakhir untuk mengatasi smartphone lemot adalah dengan melakukan restart smartphone tersebut. Dengan restart smartphone maka kita sama saja dengan membersihkan cache, menghentikan proses yang tidak penting. Kalian pasti tahukan bagaimana cara restart smartphone? (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...