Pantai Klayar Pacitan – Lokasi, Rute dan Harga Tiket Masuk

Pantai Klayar Pacitan – Lokasi, Rute dan Harga Tiket Masuk

916
memuat...
Pantai Klayar Pacitan
Pantai Klayar Pacitan

Harianpost.co.id – Sepertinya tidak salah jika mantan presiden RI Bambang Susilo Yudhoyono memilih untuk mendirikan rumah di kota Pacitan, sebab selain kotanya sejuk, kota Pacitan juga terkenal dengan wisata pantainya yang mempesona dan menyuguhkan pemandangan yang menakjubkan. Sebut saja pantai klayar yang keberadaannya masih jarang dikketahui oleh banyak wisatwan. Pantai klayar ini punya banyak hal yang membuat pengunjung selalu merindukannya dan ingin kembali berkunjung. Secara garis besar, kalian akan diperlihatkan dengan fenomena alam yang sangat mempesona sekali.

Salah satunya adalah sebuah batu karang raksasa yang bentuknya menyerupai patung Sphinx, selain itu adalagi fenomena alam lainnya yaitu air mancur alami dengan tinggi sekitar 10 meter serta bebatuan yang berbentuk sangat unik sekali dan juga ada lagi seruling laut.

Seperti kebanyakan pantai lainnya, Pantai Klayar juga dihiasi dengan warna air laut yang kebiru-biruan dan juga ombaknya yang cukup besar sebagai ciri khas kebanyakan pantai laut selatan. Karena ombaknya yang besar itulah kalian sangat disarankan untuk berhati-hati, sebab dulu ada cerita seorang mahasiswa menigngal di Pantai Klayar ini karena tenggelam. Toh bermain di pasir putihnya saja kalian sudah merasakan sensai mantai yang sebenarnya sambil menikmati deburan ombak Pantai Klayar.

Pantai Klayar Pacitan
Pantai Klayar Pacitan

Jika kalian ingin menikmati keindahan Pantai Klayar secara kseseluruhan, kalian juga bisa lho pergi ke gardu pandang yang  ada di sekitar Pantai Klayar yang letaknya ada di perbukitan sekitar Pantai Klayar tersebut, tidak jauh.

Lokasi Pantai Klayar Pacitan

Jika dilihat secara geografis, lokasi Pantai Klayar ini berada di kecamatan donorejo, tepatnya berada di desa kalak, kabupaten pacitan. Dari pusat kota Pacitan, Pantai Klayar ini berjarak sekitar 40 kilometer atau kalian bisa menpuhnya selama satu jam perjalanan. Terlebih lagi Pantai Klayar ini ternyata juga masih satu garis dengan pantai Teleng Ria yang sudah terlebih dahulu ramai dengan pengunjung.

Nama Pantai Klayar di mata masyarakat jawa timur sebenarnya sudah sangat terkenal sekali akan tetapi pengunjung yang datang ke Pantai Klayar ini masih sangat sepi sekali. Itu dikarenakan akses jalannya yang cukup sulit. Ya, kalian harus berhadapan dengan berbagai macam tantangn salah satunya adalah medan jalannya yang cocok sekali untuk kegiatan off road. Jalannya cukup sempit, dan ada sebagian yang masih belum aspal. Jangankan yang belum aspal, jalanan yang sudah beraspal itupun masih banyak yang rusak, ditambah lagi banyak tanjakan dan turunan yang harus kalian taklukkan terlebih dahulu sebelum kalian bisa menikmati keindahan Pantai Klayar yang sebenarnya.

Pantai Klayar Pacitan
Pantai Klayar Pacitan

Akan tetapi sesampainya di Pantai Klayar, rasa lelah selama perjalanan itu akan hilang seketika dengan sambutan dua batu besar mirip patung Sphinx serta air mancur alaminya.

Rute Pantai Klayar Pacitan

Untuk menuju ke Pantai Klayar ini kalian memang harus menggunakan kendaraan pribadi sebab hingga sekarang ini masih belum ada angkutan umum yang menuju ke Pantai Klayar. Jika kalian berangkat dari Yogyakarta rute yang harus kalian lewati adalah Yogyakarta – Wonosari – Wonogiri – Pacitan, dari Yogyakarta jarak totalnya adalah sektiar 110 km dengan lama perjalanan sektiar tiga jam perjalanan.

Jika kalian berangkat dari Solo, maka rute yang harus kalian lewati adlah Kecamatan Pracimantoro – pertigaan giribelah belok kanan – perempatan kalak. Dari situ anda cuma membutuhkan waktu 1 jam untuk sampai ke Pantai Klayar.

Harga tiket masuk ke Pantai Klayar Pacitan

Untuk harga tiket masuk ke pantai klayar pacitan ini tidak mahal bahkan sangat murah sekali, hanya 2 ribu rupiah saja. Tapi itu belum termasuk biaya parkir kendaraan. Walaupun masih sangat sepi pengunjungm akan tetapi di sekitar pantai klayar sudah banyak sekali warung-warung  makanan. (www.harianpost.co.id)

Komentar