Akibat Kekurangan Dan Kelebihan Yodium Yang Wajib Diketahui

Akibat Kekurangan Dan Kelebihan Yodium Yang Wajib Diketahui

241
memuat...
akibat kekurangan dan kelebihan yodium
akibat kekurangan dan kelebihan yodium

Harianpost.co.id – Untuk keperluan metabolisme, tubuh tentu sangat membutuhkan yang namanya zat Yodium. Yodium atau dalam bahasa medisnya iodine ini merupakan zat mineral yang masuk dalam kategori non logam dan sangat diperlukan oleh tubuh guna membentuk hormone teroid. Kelenjar teroid inilah yang sering kita sebut sebagai kelenjar penyebab gondok, jadi karena itulah seseorang yang kekurangan Yodium selalu berakibat munculnya penyakit gondok.

Fungsi kelenjar teroid sendiri adalah untuk memproduksi protein, mengatur dan juga untuk menghasilkan hormone. Dengan begitu anda pasti bisa membayangkan bagaimana jadinya jika tubuh anda mengalami kekurangan Yodium yang akan memaksa kelenjar teroid harus bekerja ekstra yang mana proses inilah nanti yang akan mengakibatkan terjadi pembengkakan atau yang biasa kita sebut gondok.

Itu hanyalah salah satu contoh akibat kekurangan Yodium, dan masih ada lagi beberapa akibat kekurangan Yodium lainnnya. Namun tahukah kita bahwa kelebihan Yodium juga bisa menimbulkan efek samping yang buruk bagi kesehatan. Nah pertanyaannya berapa ukuran normal Yodium yang dibutuhkan oleh tubuh seseorang? Jawabannya nanti setelah kita membahas tentang akibat kekurangan dan kelebihan Yodium yang wajib diketahui.

Akibat kekurangan Yodium

  • Penyakit gondok

Diatas tadi sepertinya anda sudah cukup jelas seperti apa munculnya penyakit gondok jika seseorang kekurangan Yodium. Penyakit gondok ini merupakan salah satu akibat yang paling sering terjadi jika seseorang kekurangan Yodium. Sebab kelenjar teroid harus bekerja ekstra untuk memenuhi asupan Yodium yang terus dibutuhkan oleh tubuh.

  • Perkembangan otak dan mental bayi menjadi terhambat

Kita tentu saja pernah mendengar perkembangan otak dan mental bayi semakin menurun karena kekurangan Yodium. Itu artinya bayi semakin kehilangan kecerdasan ketika mereka kekurangan Yodium sedangkan ibu hamil yang tidak memperhatikan asupan Yodium akan berakibat pada menurunnya perkembangan mental pada janin ketika masih di dalam kandungan.

  • Penurunan IQ

Menurunnya IQ ini tidak hanya akan terjadi pada anak-anak saja, akan tetapi orang dewasa juga bisa mengalami karena kekurangan Yodium. Otak sangat membutuhkan asupan Yodium untuk terus berkembang, jadi sudah jelas jika seseorang kekurangan Yodium akan berakibat pada menurunnya IQ secara drastic.

  • Tingkat kesuburan wanita menurun

Akibat kekurangan Yodium berikutnya adalah kesuburan wanita menjadi menurun sebab Yodium memang sangat berpengaruh terhadap kesuburan wanita. Hal ini erat sekali hubungannya dengan fungsi kelenjar teroid di atas tadi yang mana fungsinya adalah untuk mengatur dan menghasilkan hormone.

  • Resiko keguguran menjadi semakin besar

Selain kesuburan wanita menurun, kekurangan Yodium juga akan meningkatkan resiko keguguran ketika wanita mengandung janin. Oleh karena itulah banyak dokter kandungan yang menyarankan wanita hamil agar mencukupi kebutuhan Yodiumnya untuk kesehatan janin.

Akibat kelebihan Yodium

  • Munculnya Goiter. Goiter ini adalah kondisi dimana kelenjar teroid mengalami pembesaran akibat terlalu banyak Yodium.
  • Produksi air liur yang berlebihan. Kelebihan Yodium ini akan mengakibatkan produksi air liur yang berlebihan sehingga membuat mulut seseorang terasa tidak nyaman.
  • Terjadinya iritasi pada pencernaan. Terlalu banyak Yodium akan membuat pencernaan justru mengalai iritasi, awalnya akan muncul ruam yang berakibat pada rasa sakit yang teramat hebat di bagian pencernaan. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...