Perawatan Pasca Operasi Pengangkatan Rahim

Perawatan Pasca Operasi Pengangkatan Rahim

348
memuat...
Perawatan Pasca Operasi Pengangkatan Rahim
Perawatan Pasca Operasi Pengangkatan Rahim

Harianpost.co.id – Mengangkat rahim tentu harus dilakukan dengan cara operasi, namanya adalah operasi pengangkatan rahim. Operasi ini dilakukan karena beberapa faktor penyakit yang ada di dalam rahim dan jika tidak diangkat maka akan membahayakan kesehatan rahim bahkan untuk ibu itu sendiri. Sementara itu operasi pengangkatan rahim ini bukanlah operasi yang mudah untuk dilakukan, bahkan tidak mudah diterima oleh kebanyakan orang sebab setelah rahim diangkat maka hampir pasti seorang ibu tidak akan bisa hamil lagi.

Nah, tidak hanya proses operasi pengangkatan rahim saja yang susah. Akan tetapi pasca operasi pengangkatan rahim pun masih ada banyak hal yang harus kita lakukan, terutama soal perawatan. Nah, untuk itulah pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang perawatan pasca operasi pengangkatan rahim agar tubuh tetap dalam keadaan sehat.

Jauhi makanan yang terlalu pedas

Setelah operasi pengangkatan rahim selesai dilakukan, anda dianjurkan untuk tidak berhubungan dengan makanan-makanan yang pedas sebab itu bisa membahayakan kesehatan rahim. Biarkan semua pulih terlebih dahulu baru anda boleh mengkonsumsi makanan-makanan pedas.

Jauhi makanan yang mengandung gas

Selain tidak boleh mengkonsumsi makanan pedas, anda yang baru saja menjalani operasi pengangkatan rahim sangat dianjurkan untuk menghindari makanan yang mengandung gas. Berapa lama? Lebih tepatnya masih tidak bisa diketahui, yang jelas sampai rahim benar-benar pulih total, biasanya perlu pemulihan selama beberapa minggu.

Jangan berhubungan seks terlebih dahulu

Pasca operasi pengangkatan rahim dilakukan, jangan pernah sekali-sekali mencoba untuk berhubungan seks, jika memang sudah tidak kuat menahan, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter ahlinya. Sebab berhubungan seks itu nanti bisa menimbulkan iritasi serta serangan bakteri yang tidak pernah anda duga sebelumnya.

Jangan pernah mengangkat beban yang berat atau terlalu berat

Agar pemulihan pasca operasi pengangkatan rahim berjalan lancar, anda usahakan sebisa mungkin untuk tidak mengangkat beban-beban berat. Jika anda terpaksa harus memindahkannya, cobalah untuk meminta tolong kepada orang-orang di sekitar anda. Hal ini untuk menghindari dampak buruk.

Jika mengalami sembelit, segera atasi

Ketika seseorang mengalami sembelit pasti mereka akan kerepotan ketika buang air besar karena kotoran yang terlalu keras dan dan mengakibatkan orang tersebut harus mengeluarkan tenaga ekstra. Nah usaha itu nanti akan berdampak buruk pada seseorang setelah operasi pengangkatan rahim.

Jauhi olahraga berat

Sebenarnya olahraga rutin adalah sesuatu hal yang sangat dianjurkan dan sangat baik untuk pemulihan pasca operasi pengangkatan rahim, akan tetapi jika olahraga tersebut dilakukan secara berlebihan justru akan berakibat buruk pada kesehatan seseorang.

Jangan pernah begadang

Salah satu cara perawatan pasca operasi pengangkatan rahim adalah dengan menjauhi begadang. Ini penting untuk diperhatikan sebab orang-orang jaman now sangat menyukai begadang. Sebab begadang malam hari itu sangat tidak baik untuk kesehatan seseorang. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...