Destinasi Air Terjun di Lombok Utara, Kesejukannya Tiada Dua

Destinasi Air Terjun di Lombok Utara, Kesejukannya Tiada Dua

216
memuat...
Tiu Teja
Tiu Teja

Harianpost.co.id – Jika kita ingat tentang Lombok, tentu yang pertama melintas di benak kita adalah sebuah pemandangan indah dari wisata-wisata pantai dengan pasir putihnya yang lembut serta pemandangan yng ditawarkan oleh gili-gili yang selama ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Akan tetapi jika hanya mengingat dua hal itu di Lombok, berarti kalian masih kurang piknik. Sebab di Lombok tidak hanya memiliki pantai yang cantik dan gili yang mempesona, Lombok ternyata juga masih punya wajah lain yang tak kalah cantiknya dengan pantai dan gili, wajah lain Lombok itu ada di kabupaten Lombok utara yaitu berupa deretan air terjun dengan panorama eksotisnya.

Seperti apa keindahan air terjun di Lombok utara tersebut? Simak ulasannya di bawah ini:

Air terjun (Tiu) Kelep

Tiu Kelep
Tiu Kelep

Tiu dalam bahasa Lombok berarti air terjun, tiu kelep ini cukup tinggi, total tingginya adalah sekitar 42 meter. Liburan ke Air terjun (Tiu) Kelep ini akan lebih menarik sebab lokasinya berdekatan dengan sendang gile. Bisa dikatakan Air terjun (Tiu) Kelep ini adalah air terjun paling kedua setelah air terjun (Tiu) pupus. Yang menjadi daya tarik dari Air terjun (Tiu) Kelep ini selain karena keindahannya, juga terdapat mitos yang diyakini oleh masyarakat Lombok, yaitu siapa saja yang mandi atau mencuci muka disini konon akan menjadi awet muda. Terlepas dari mitos tersebut, jarak antara Air terjun (Tiu) Kelep dengan sendang gile hanya memerlukan waktu sekitar 15 menitan saja dengan cara berjalan kaki.

Air terjun sendang gile

Air Terjun Sendang Gile
Air Terjun Sendang Gile

Setelah perjalanan selama 15 sampai 20 menit dari Air terjun (Tiu) Kelep, kalian akan menemukan sebuah air terjun yang tak kalan indahnya, apalagi kalau bukan air terjun sendang gile seperti yang disebutkan diatas tadi dan masih bertetangga dengan Air terjun (Tiu) Kelep. Air terjun sendang gile ini memiliki ketinggian sekitar 31 meter dengan dua tingkat air terjun. Air terjun sendang gile ini sudah terkenal di mata para wisatawan sebab keberadaannya masih termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional gunung rinjani yang tidak lain adalah gunung tertinggi kedua di Indonesia, lokasi tepatnya air terjun sendang gile ada di desa senaru kecamatan bayan kabupaten Lombok utara.

Air terjun (Tiu) Teja

Tiu Teja
Tiu Teja

Hampir sama dengan Air terjun (Tiu) kelep, Air terjun (Tiu) Teja ini memiliki ketinggian sekitar 40 meter. Kata teja dalam bahasa suku sasak berarti pelangi. Diberi nama seperti itu sebab deburan air terjun yang lembut membuat Air terjun (Tiu) Teja ini sering membuat sebuah pelangi. Hal itu juga membuat Air terjun (Tiu) Teja memiliki tempat tersendiri di hati para wisatawan baik itu domestic maupun manca Negara.

Air terjun (Tiu) Pupus

Tiu Pupus
Tiu Pupus

Jika Air terjun (Tiu) kelep adalah air terjun paling eksotis kedua di Lombok, maka Air terjun (Tiu) Pupus adalah yang terbaik dan paling eksotis di bumi Lombok. Tinggi Air terjun (Tiu) Pupus ini sektiar 50 meter dengan wilayah air terjun secara keseluruhan seluas 100 meter persegi. Pantas saja jika Air terjun (Tiu) Pupus dikatakan sebagai air terjun terbaik dan terindah di Lombok sebab di bawah air terjun ini terdapat sebuah kolam yang cukup luas sekali yang mana kalian bisa kok berenang di kolam tersebut, tapi harus hati-hati sebab kedalamannya mencapai 4 meter. Yang membuat Air terjun (Tiu) Pupus ini menjadi tempat liburan favorit adalah karena sebelum tiba di lokasi air terjunnya kalian akan dimanjakan dengan tanaman kakao di kanan kiri jalan. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...