Layanan BlackBerry World Akan Resmi Ditutup 2 Tahun Lagi

Layanan BlackBerry World Akan Resmi Ditutup 2 Tahun Lagi

9290
memuat...
Layanan BlackBerry World akan segera dimatikan
Layanan BlackBerry World akan segera dimatikan

Harianpost.co.id – Smartphone BlackBerry boleh jadi adalah sempat menjadi primadona dalam dunia smartphone beberapa tahun yang lalu, itu karena perangkat keras BlackBerry ini hadir dengan beberapa fitur yang tidak dimiliki oleh ponsel lainnya, sebut saja fitur eksklusif yang begitu populer yaitu email dan BBM atau BlackBerry Messenger. Ketika itu seseorang yang sudah memegang smartphone BlackBerry ini sepertinya sudah dikatakan ‘wah’ sekali karena memang tergolong perangkat mahal ketika itu.

Akan tetapi sayangnya, eksistensi smartphone BlackBerry ini dari hari ke hari semakin tergerus dengan munculnya smartphone berbasis android dan iOS yang mana perkembangan dari dua jenis smartphone tersebut bisa dikatakan sangat pesat sekali dan akhirnya kepopuleran BlackBerry pun semakin pudar. Alasannya sebab dua jenis perangkat smartphone yaitu android dan iOS dirasa bisa memberikan pernawaran peforma yang jauh lebih canggih dan simple.

Akibat dari jatuhnya peforma BlackBerry tersebut, perusahaan tersebut mengakui kekalahannya dan bahkan yang lebih mengejutkan adalah mereka tidak lagi menggunakan system operasi buatan mereka sendiri pada perangkat keras BlackBerry beberapa tahun terakhir, seperti contohnya BB10 yang mana perangkat BlackBerry tersebut sudah menggunakah aplikasi android.

Nah kabar buruknya adalah, bagi kalian yang hingga sekarang ini masih menggunakan perangkat BlackBerry entah itu yang menjalankan BBOS atau juga BB10 sepertinya tidak akan lagi bisa menggunakannya. Sebab perusahaan BlackBerry kemungkinan besar (bahkan hampir bisa dipastikan) akan segera mematikan layanan BlackBerry World pada tahun 2019 mendatang tepatnya pada bulan Desember 2019. Itu artinya tinggal dua tahun lagi.

Perusahaan BlackBerry juga menyatakan telah menutup beberapa layanan tambahan sementara ini akan tetapi pihak BlackBerry akan berjanji bahwa mereka akan tetap memberikan dukungan penuh dalam hal softwarenya untuk BBOS atau BB10 paling tidak untuk dua tahun lagi.

Layanan-layanan tambahan yang akan segera ditutup contohnya seperti situs BlackBerry travelling. Situs tersebut kabarnya akan segera ditutup pada bulan Februari tahun 2018 mendatang, sedangkan untuk layanan panggilan video Playbook juga akan ditutup satu bulan kemudian, yaitu pada bulan Maret 2018.

Menyusul berikutnya adalah toko aplikasi BlackBerry World yang rencananya akan ditutup pada tanggal 31 Desember 2019 mendatang. Akibat dari keputusan ini, para pengguna perangkat BlackBerry tentu saja tidak akan lagi bisa melakukan akses penyedia aplikasi-aplikasi utuk handset mereka. Nah sebagai solusinya bahkan perusahaan sendiri malah menyarankan pengguna BlackBerry yang masih ingin menikmati keamanan BlackBerry disarankan untuk pindah ke perangkat android milik mereka.

Ini artinya, BlackBerry sudah hampir kehilangan pasar di masyarakat karena gempuran dari produk-produk smarphone terbaru yang berbasis android dan iOS. Langkah yang diambil oleh BlackBerry kali ini juga adalah sebagai langkah agar mereka bisa bertahan di pasar internasional, setidaknya mereka bisa mempertahankan pengguna yang masih tersisa. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...