Penjual Makanan Online Menjamur, Kemendag Sulit Beri Pengawasan

Penjual Makanan Online Menjamur, Kemendag Sulit Beri Pengawasan

313
memuat...

Penjual-Makanan-Online-Menjamur-Kemendag-Sulit-Beri-Pengawasan

Harianpost.co.id – Seiring berkembangnya teknologi, banyak pula penjual dan pedangang makanan yang menjajakan produknya dengan cara online. Kementrian Perdagangan (Kemendag) sempat kelimpungan, pasalnya dengan semakin banyak makanan yang dipasarkan secara online, pengawasan yang dilakukan juga semakin sulit.

Makanan yang dijajakan sebagian masih tidak mengikuti syarat-syarat kesehatan dan kriteria makanan sehat lainnya. Ini menjadikan Kemendag semakin gundah dengan menjamurnya perdagangan makanan secara online.

Lemahnya pengawasan terhadap makanan yang dijual online akan berakibat pada kualitas yang semakin memburuk dan kerugian yang akan diterima konsumen nantinya. Direktur Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementrian Perdagangan, Syahrul Mamma, mengatakan jika masih banyak makanan yang dijual online memiliki ijin dan terdaftar di BPOM.

“Online ini kan langsung ke masyarakat dan susah untuk dipantau. Ini harus dipantau, kan itu mereka langsung kepada konsumen dan tidak terdaftar BPOM,” ujar Syahrul, Minggu (17/4).

Syahrul berharap, karena pengawasan makanan yang dijual di internet masih lemah, masyarakat ikut berperan dalam pengawasan tersebut. makanan yang dijual tidak sesuai dengan standart yang ditentukan boleh saja dilaporkan kepada yang berwenang.

“Sementara kita merencanakan membuat sebuah komunitas dari masyarakat melalui online atau WA. Mereka memberikan masukan-masukan juga. Kami ada pengaduan masyarakat juga 1×24 jam,” lanjutnya.

Pemerintah memberikan imbauan kepada masyarakat agar selektif dalam memilih makanan yang berkualitas, apalagi itu dijual dalam bentuk online. Tidak hanya konsumen, pihak produsen juga harus dibimbing untuk senantiasa memberikan produk yang baik sehingga tidak merugikan salah satu pihak.

Komentar

Loading...