Inovasi Terbaru Apple di Tahun 2018, Kombinasi Aplikasi iOS dan Mac

Inovasi Terbaru Apple di Tahun 2018, Kombinasi Aplikasi iOS dan Mac

209
memuat...
Apple
Apple

Harianpost.co.id – Ketika Samsung terus melakukan inovasi terbaru dengan rencana akan merilis beberapa produk andalan mereka seperti speaker, Chipset terkecil di dunia yaitu chip DRAM  10nm, dan beberapa teknologi terbarunya, Apple sebagai rival terberat Samsung ternyata juga tidak ingin kalau pesaing utamanya itu berkembang sendirian dan menguasai pasar teknologi dunia.

Buktinya, Apple juga sedang gencar melakukan beberapa inovasi terbaru yang tak kalah canggihnya dengan teknologi produk-produk teknologi keluaran Samsung. Kabar terbaru menyebutkan bahwa Apple saat ini sedang dalam proses mengembangkan sebuah aplikasi dari perpaduan antara iOS dan Mac, bahkan ada beberapa sumber kuat yang meneyebutkan bahwa pengembangan tersebut sudah hampir selesai.

Kita sebagai penikmat teknologi itu tentu sudah tahu kalau iOS dan Mac OS adalah dua platform yang jauh berbeda. iOS ditujukan untuk perangkat keras mobile seperti iPhone dan iPad, sedangkan Mac OS adalah platform yang diciptakan untuk perangkat keras seperti macBook dan PC iMac. Dengan begitu, perangkat iOS sudah jelas-jelas tidak akan bisa dijalankan pada perangkat Mac OS, begitu juga sebaliknya, perangkat Mac OS juga tidak akan bisa dijalankan pada perangkat iOS.

Akan tetapi ada laporan yang baru-baru ini telah muncul ke media bahwa Apple akan melakukan penggabungan antara dua aplikasi yang berbeda itu, dan ternyata berita tersebut memang benar adanya. Apple akan menciptakan sebuah aplikasi yang bisa dijalankan pada platform iOS dan Mac, itu bisa dilakukan dengan cara memberikan pengguna berupa satu set aplikasi yang bisa dijalankan pada iPhone, ipad dan juga Mac.

Dari berita yang didapatkan itu, Apple rencananya akan melakukan penggabungan dua platform tersebut pada akhir tahun depan, tahun 2018. Dengan menjalankan rencana tersebut, maka Apple akan memungkinkan pihak developer aplikasinya bisa merancang sebuah aplikasi yang bisa bersinergi atau bekerja sama dengan layar sentuh seperti halnya mouse dan trackpad.

Sedangkan laporan yang didapatkan dari Bloomberg, Apple tampaknya memiliki banyak alasan untuk menjalankan rencan tersebut, salah satunya adalah Apple akan mengadopsi pendekatan guna meningkatkan pilihan aplikasi bagi setiap pengguna setianya khususnya bagi pengguna Mac yang mana selama ini Mac dikenal membosankan. Itu disebabkan karena Mac tidak memiliki aplikasi sebanyak iOS. Setidak-tidaknya, iOS masih sering mendapatkan update fitur-fitur terbaru sedangkan Mac sangat jarang sekali mendapatkan update, tidak seperti aplikasi iOS.

Untuk mengahdirkan fitur-fitur terbaru pada perangkat iOS, dibutuhkan waktu hingga berbulan-bulan lamanya, maka dari itu dibutuhkan waktu yang hampir sama untuk menghadirkan fitur terbaru yang sama ke platform Mac OS.

Nah, dengan Apple memberikan ijin pihak pengembang untuk membuat sebuah aplikasi yang bisa dijalankan di kedua platform tersebut, maka itu akan menjadi jembatan dari kesenjangan yang selama ini terjadi antara iOS dan Mac OS serta bisa menghadirkan fitur terbaru untuk pengguna Mac dalam waktu yang reltif lebih cepat dari sebelumnya. Hanya saja, dari pihk Apple sendiri masih belum ada konfirmasi lebih lanjut mengenai hal itu. (www.harianpost.co.id)

Komentar