Teknologi: Mahasiswa Untag Surabaya Berhasil Ciptakan Mobil Listrik Kuat dan Lincah

Teknologi: Mahasiswa Untag Surabaya Berhasil Ciptakan Mobil Listrik Kuat dan Lincah

872
memuat...
Teknologi-Mahasiswa-Untag-Surabaya-Berhasil-Ciptakan-Mobil-Listrik-Kuat-dan-Lincah
Mobil listrik Kunthing Sakti

Harianpost.co.id – Indonesia tidak habis-habisnya melakukan bengembangan teknologi terbaharukan dari anak-anak Bangsa. Tidak hanya dari kota megapolitan, prestasi kini muncul dari regional Surabaya. Mahasiswa Teknik Mesin Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya berhasil menciptakan mobil listrik sebagai alternatif penggunaan bahan bakar minyak.

Mobil listrik yang diberi nama Kunthing Sakti ini menyita perhatian banyak kalangan masyarakat lokal. Tidak semata-mata jerih payah sang Dosen, banyak mahasiswa yang juga ikut berpartisipasi menciptakan mobil listrik ini. Terhitung selama empat bulan, mobil listrik Kunthing Sakti bisa langsung mengudara.

Membuat mobil listrik butuh ketelatenan dan pemikiran lebih, apalagi 14 orang mahasiswa yang berkecimpung di dalam pembuatan masih aktif melakukan perkuliahan. Mereka harus pintar-pintar membagi waktu antara belajar dan mengembangkan ilmu mereka dalam menciptakan Kunthing Sakti.

Teknologi-Mahasiswa-Untag-Surabaya-Berhasil-Ciptakan-Mobil-Listrik-Kuat-dan-Lincah-2

“Jadi untuk membagi antara proyek ini dan kuliah, kami tetap mengutamakan kuliah karena kuliat tetap menjadi yang nomor satu. Proses pengerjaan dilakukan ketika kami sudah menyelesaikan kuliah pada hari tersebut,” ujar salah seorang tim Kunthing Sakti, Ali Fuad, Selasa (20/4).

Dari penamaan Kunthing Sakti itu sendiri mempunyai filosofi yang kuat. Tidak sembarangan memilih nama untuk inovasi mobil listriknya, segenap jajaran direksi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya dan tim memberikan julukan sesuai dengan bentuk dan manfaatnya.

“Kunthing Sakti diambil dari nama pewayangan yang bernama Raden Setiaki yang merupakan patih dari Prabu Kresna. Raden Setiaki merupakan sosok yang kecil namun lincah dalam bersikap dan berperilaku, kuat, serta berani seperti Bima. Itu alasannya mengapa tim kami menggunakan nama Kunthing Sakti yang merupakan julukan dari Raden Setiaki,” pungkas Ali.

Komentar

Loading...