Ketahui Manfaat Buah Merah Atau Kuansu Bagi Kesehatan

Ketahui Manfaat Buah Merah Atau Kuansu Bagi Kesehatan

39
memuat...
Manfaat buah merah kuansu
Manfaat buah merah kuansu

Harianpost.co.id – Nama buah kuansu mungkin masih sangat asing sekali di telinga sebagian besar masyarakat indonesia, akan tetapi buah yang juga disebut sebagai buah merah ini sudah sangat terkenal sekali di tanah Papua, terutama di wilayah kawasan pegunungan jawa wijaya, ayamaru, sorong, timika Manokwari dan Jayapura sendiri. Cara mengkonsumsi buah merah atau buah kuansu ini bisa dengan cara dimakan langsung atau bisa juga dengan cara direbus terlebih dahulu, atau bisa juga dimasak dengan cara lainnya.

Buah kuansu ini merupakan buah berbiji yang mana semua yang ada di dalam buah kuansu ini bisa dimanfaatkan, bijinya bisa ditumbuk, diolah dan menghasilkan saus merah yang kental untuk bumbu masakan. Tak hanya itu saja, buah merah ini juga mengandung ekstrak yang bisa kita gunakan sebagai penyedap makanan serta pewarna alami yang bebas bahan kimia serta logam berat.

Berikut ini adalah beberapa Manfaat Buah Merah atau kuansu

Masyarakat Papua seringkail menggunakan buah merah ini sebagai obat alami untuk mengatasi cacingan, juga digunakan sebagai suplemen untuk kesehatan mata dan kulit. Perlu kita tahu bahwa di dalam buah merah atau kuansu ini terdapat banyak nutrisi penting yang sangat penting sekali untuk tubuh manusia, seperti contohnya protein, energi, karbohidrat, lipid, natrium, alfa-karoten, beta-karoten dan masih banyak lagi.

Banyak kandungan yang ada di dalam buah merah atau kuansu tersebut tentu saja akan membawa banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia dan itu tidak boleh kita anggap remeh, bahkan buah merah dipercaya bisa membuat seseorang panjang umur. Lebih lengkapnya, berikut ini adalah beberapa manfaat buah merah atau kuansu bagi kesehatan:

Sebagai Antioksidan beta-karoten

Jika anda belum tahu apa itu beta-karoten, beta-karoten adalah salah satu jenis antioksidan yang bisa digunakan untuk menghambat oksidasi zat lain serta untuk melindungi tubuh dari serang radikal bebas. Bagi seseorang yang menderita kelainan darah, Beta-Karoten ini bisa berguna untuk mengurangi kepekaan pada matahari, mengurangi terjadinya kanker payudara, mengurangi serangan asma, dan mencegah terjadinya penyakit komplikasi. Untuk kulit, beta-karoten ini berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar matahari dan tidak mudah terbakar.

Sebagai Anti Kanker

Ada beberapa penelitian yang melaporkan bahwa buah merah atau kuansu ini memiliki aktivitas anti kanker. Dengan begitu, buah naga ini bisa melawan sel kanker seperti myeloma, kanker payudara, kanker serviks, serta kanker paru-paru.

Mengandung Kolesterol baik HDL tinggi

Pernah dilakukan sebuah penelitian terhadap seekor tikus, terbukti ekstrak buah merah bisa meningkatkan kadar kolesterol baik pada seekor tikurs yang sedang menderita diabetes maupun tikus yang sehat.

Oabat alami Diabetes

Minyak buah merah bisa kita jadikan sebagai salah satu cara untuk mengobati diabetes (seperti yang sudah dijelaskan dan diterapkan pada seekor tikus di poin pertama tadi) dengan cara mengurangi kadar gula darah.

Membuat Panjang umur

Tak hanya buah noni dan minyak kelapa murni saja yang dipercaya bisa menambah atau memperpanjang usia, buah merah juga tak kalah ampuh dengan kedua bahan tersebut dan bisa memperpanjang usia seseorang.

Sebagai Antiradang paling efektif

Banyak sekali memang bahan-bahan alami yang bisa kita gunakan sebagai obat anti radang, salah satunya adalah buah merah atau kuansu yang bisa mengurangi peradangan di dalam tubuh manusia.

Sebagai Pengganti minyak sayur

Masih sekitar minyak buah merah, minyak buah merah ini juga sering digunakan oleh masyarakat Papua sebagai ganti minyak sayur atau minyak biasa. Bahkan minyak buah merah ini memiliki kandungan asam lemak yang hampir sama dengan minyak kanola atau minyak bekatul. Hanya saja bedanya adalah harga minyak buah merah ini sedikit lebih mahal.

Apakah anda sekarang sedang berkunjung ke tanah Papua? Jangan lupa untuk membeli buah merah atau kuansu dan mencicipinya. Dan rasakan khasiatnya! (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...