Ini Dia 4 Spot Surfing di Jawa Timur Kelas Dunia

Ini Dia 4 Spot Surfing di Jawa Timur Kelas Dunia

173
memuat...
Pantai Plengkung
Pantai Plengkung

Harianpost.co.id – Ketika banyak sekali para wisatawan domestik dan manca negara menjadi pulau Bali sebagai ikon wisata indonesia, di daerah-daerah lainnya sekarang ini sudah mulai banyak bermunculan untuk menunjukkan bahwa potensi wisata terbaik di indonesia tidak hanya di pulau Bali saja dan tempat-tempat tersebut juga tidak kalah indahnya dengan wisata-wisata pulau Bali.

Jika dilihat lebih teliti lagi, memang banyak sekali kekayaan alam yang dimiliki oleh negara indonesia yang sebenarnya sangat mampu sekali jika harus bersaing dengan tempat-tempat wisata kelas dunia lainnya. Salah satunya adalah provinsi jawa timur, di provinsi terdapat banyak sekali tempat-tempat wisata yang menawarkan panorama alam memukau. Tak hanya itu saja, jawa timur ternyata juga punya deretan pantai yang seringkali disambangi oleh turis manca negara yang tak lain tujuannya adalah menjadikan pantai-pantai tersebut sebagai tempat untuk berselancar atau surfing.

Pantai mana saja itu? Simak ulasannya di bawah ini!

Pantai Watukarung, Pacitan

Pantai Watukarung
Pantai Watukarung

Pantai watukarung di pacitan ini terkenal memiliki ombak dengan karakter reef break yang begitu menantang, itulah alasan mengapa banyak sekali peselancar kelas dunia sangat ingin menjajal pantai watukarung. Sebut saja Bruce Irons yang merupakan salah satu juara kompetisi surfing tahun 2008 silam yang sempat penasaran dengan ganasnya ombak di pantai watukarung pacitan dan pernah menyambanginya. Ditambah lagi panorama alam di pantai watukarung yang juga cantik sekali menambah aktivitas surfing semakin berkesan. Jadi bagi kalian yang tidak berani surfing di pantai ini, masih bisa menikmati keindahan pantai watukarung.

Pantai Wedi Awu, Malang

Pantai Wedi Awu
Pantai Wedi Awu

Pantai Wedi Awu memang tidak sepopuler tetangganya yaitu pantai lenggoksono dan pantai bolu-bolu, Pantai Wedi Awu masih jarang di dengar oleh kebanyakan wisatawan lokal. Justru wisatawan luar daerah yang sangat penasaran dengan ombak di Pantai Wedi Awu. Lokasi Pantai Wedi Awu ini terletak di kecamatan Tirtomulyo kabupaten Malang, selain ombaknya yang menantang, panorama pantainya juga tak kalah menantangnya untuk dinikmati.

Pantai Pulo Merah, Banyuwangi

Pantai Pulo Merah
Pantai Pulo Merah

Beda cerita dengan pantai wedi awu malang yang masih belum banyak orang yang mendengarnya, Pantai Pulo Merah di Banyuwangi ini sudah punya nama di mata wisawatan karena pemandangan sunset yang begitu menakjubkan. Tapi ternyata di balik keindahan sunsetnya, Pantai Pulo Merah juga punya sesuatu yang membuat para peselancar merasa ingin menyambanginya. Apalagi kalau bukan ombaknya yang cukup menantang untuk ditaklukkan, ombak di Pantai Pulo Merah ini terkenal dengan sebutan Barrel, sebab ombaknya bisa mencapai tinggi sekitar 4 meter dan panjangnya mencapai 400 meter.

Pantai Plengkung, Banyuwangi

Pantai Plengkung
Pantai Plengkung

Masih di Banyuwangi, tak hanya pantai Pulo merah saja yang sering menjadi sasaran para peselancar, ada pantai lainnya di kabupaten tersebut yang juga memiliki ombak yang tak kalah ganasnya, ombak itu ada di Pantai Plengkung. Bahkan, Pantai Plengkung ini diklaim memiliki ombak terbaik kedua di dunia setelah Hawaii, tak tanggung-tanggung, para peselancar menyebutkan Pantai Plengkung ini dengan sebutan The Seven Giant Wave Wonder, itu karena di pantai ini biasa dijuluki dengan nama G-Land dan memiliki jumlah rata-rata ombak sebanyak tujuh baris. Jika musim sedang bagus, ombak di Pantai Plengkung ini tingginya bisa mencapai sektiar enam meter, tepatnya ada di bulan April dan Agustus. Jika kalian juga penasaran, silahkan datang ke Pantai Plengkung pada bulan tersebut.

Nah, dengan keberadaan pantai-pantai tersebut diatas, kita semeestinya tidak perlu jauh-jauh ke Hawaii untuk menyaksikan ombak-ombak tinggi. Di provinsi Jawa Timur punya semuanya yang dibutuhkan oleh peselancar. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...