Warga Kalimantan Taklukkan Buaya Putih Raksasa Seberat 1 Ton

Warga Kalimantan Taklukkan Buaya Putih Raksasa Seberat 1 Ton

282
memuat...
Penemuan buaya putih raksasa
Penemuan buaya putih raksasa

Harianpost.co.id – Kalimantan belakangan ini memang seringkali dikejutkan dengan penampakan hewan buas, buaya. Bahkan beberapa waktu lalu sempat terjadi penangkapan buaya yang diklaim sebagai buaya jadi-jadian oleh warga kalimantan. Dan kali ini, warga kalimantan yang bermukim di bantaran sungai Sei Arut Desa Sukamandang Kecamatan Seruyan tengah Kabupaten seruyan, kalimantan tengah berhasil menangkap seekor buaya putih berukuran raksasa.

Buaya putih raksasa itu memiliki panjang lebih dari enam meter dengan berat sekitar 1 ton. Warga berhasil menangkapnya ketika buaya tersebut menampakkan diri di bantaran sungai Arut yang kemudian oleh warga dibawa ke Sukamandang Seruyan, mereka khawtir jika dibarkan begitu saja akan berdampak buruk bagi lingkungan terutama bagi keselamatan warga sendiri.

Agar buaya tersebut tidak mengganggu warga dan tetap selamat, warga memutuskan untuk melaporkannya ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam setempat. Tak lama kemudian buaya putih raksasa itupun dibawa ke Pangkalabun oleh petugas.

Untuk menangkap buaya putih raksasa itu jelas bukan perkara yang mudah, untuk itulah warga juga meminta bantuan kepada pawang buaya sehingga buaya tersebut bisa ditaklukkan dan kemudian diikat oleh warga dari mulut hingga kakinya.

Kepala BKSD SKW II Pangkalabun mengatakan bahwa buaya putih yang baru saja ditangkap oleh warga itu merupakan buaya muara yang berjenis Senyulong, warga biasa menyebutnya sebagai buaya sumpit. “Saat ini buaya kami amankan di balai untuk nantinya dilepasliarkan ke tempat yang semestinya. Kemungkinan buaya tersebut keluar dari sarangnya akibat meluapnya air sungai,” tutur kepala BKSD. (www.harianpost.co.id)

Warga Seruyan Berhasil Taklukkan Buaya Putih Raksasa Seberat Satu Ton Warga yang bermukim di bantaran Sei Arut Kecamatan Arut tepatnya di Desa Sukamandang Kecamatan Seruyan Tengah Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Selasa (9/1/2018) menangkap seekor buaya putih berukuran enam meter lebih.Buaya, berukuran enam meter setengah dengan berat mencapai 1 ton lebih di tangkap warga saat berada di bantaran Sungai Arut Kecamatan Arut, kemudian dibawa ke Sukamandang Seruyan.Kini buaya sudah diangkut ke Pangkalanbun oleh petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam setempat.Saat menangkap buaya, kabarnya warga sempat memanggilnya dengan menggunakan pawang buaya, sehingga buaya dapat ditaklukkan yang kemudian diikat warga menggunakan tali untuk mengikat mulut, tangan serta kaki buaya raksasa tersebut.Kepala BKSD SKW II Pangkalanbun, Agung Widodo, Rabu (10/1/2018) mengatakan, buaya yang ditangkap adalah buaya muara jenis Senyulong yang dikenal warga buaya Sumpit."Saat ini buaya kami amankan di balai untuk nantinya dilepasliarkan,"ujarnya.#info seruyan, kalteng#ig@yuni_rusmini#yunirusmini fbYouTube : https://youtu.be/JrKGNu0xjHo

Dikirim oleh Yuni Rusmini pada 10 Januari 2018

Komentar

Loading...