Kopi Luwak, Halal Atau Haram? Ini Jawabannya!

Kopi Luwak, Halal Atau Haram? Ini Jawabannya!

217
memuat...
Kopi luwak
Kopi luwak

Harianpost.co.id – Kita tentu sudah sangat familiar sekali dengan kopi luwak, apalagi bagi mereka yang suka dengan minuman kopi, kopi luwak bisa jadi adalah salah satu minuman kopi favorit mereka. Kopi luwak memang terkenal karena rasanya yang khas, bahkan nama kopi luwak pun sekarang ini sudah semakin mendunia.

Nama kopi luwak sendiri diambil karena proses pembuatannya secara langsung melibatkan hewan berkaki empat bernama luwak. Luwak akan memilih biji kopi terbaik untuk dikonsumsi, akan tetapi biji tersebut tidak bisa hancur di dalam pencernaan luwak dan akan tetap utuh ketika luwak tersebut buang air besar.

Inilah yang selama ini banyak diperdebatkan oleh banyak kalangan terutama untuk umat muslim. Perdebatan itu menyangkut tentang halal haramnya kopi hasil dari bekas kotoran luwak tersebut.

Beberapa golongan berpendapat bahwa kopi luwak itu halal karena prosesnya juga dilakukan dengan cara membersihkan terlebih dahulu biji kopi yang sebelumnya bercampur dengan kotoran luwak. Jadi, ketika biji kopi sudah benar-benar bersih maka siap untuk diproses menjadi bubuk kopi. Jadi intinya, menurut golongan ini kopi luwak tetap halal

Pendapat diatas sepertinya tidak selamanya sejalan dengan sebagian Muslim. Pasalnya sebagian orang Islam menganggap bahwa kopi luwak itu haram. Alasan mereka mengharamkan kopi luwak itu sepertinya cukup beralasan sebab pada beberapa hadits telah disebutkan bahwa “Sesuatu yang keluar dari jalan depan atau belakang, maka hukumnya najis”, sedangkan sesuatu yang najis sudah pasti haram hukumnya.

Dari sini mungkin sahabat harianpost bisa menambahkan beberapa pendapat kalian bagaimana hukumnya minuman luwak itu. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...