Migrain Menyerang? Ini Solusinya!

Migrain Menyerang? Ini Solusinya!

339
memuat...

Mau-Tahu-Penyebab-Pusing-Secara-Tiba-Tiba

Harianpost.co.idMigrain merupakan jenis sakit kepala yang disebabkan oleh gangguan pembuluh darah. Aliran darah diotak yang meningkat akan memicu pembuluh darah melebar, hal ini terjadi akibat hiperaktifitas impuls otak.

Penyakit ini menjadi salah satu penyakit yang populer dan sering menyerang kebanyakan orang. Sakit akan terasa di salah satu sisi kepala. Kadang rasa sakit juga dirasakan disekitar dahi, mata dan kepala belakang. Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan seseorang mengalami migrain, diantaranya adalah sebagai berikut:

Kekurangan magnesium – Macetnya kinerja saraf di otak salah satu peyebabnya yaitu kurangnya asupan magnesium dalam tubuh. Kekurangan magnesium ini dapat mengakibatkan perubahan visual yang dapat memicu munculnya migrain.

Penyebab sensorik – Migrain dapat dipicu akibat adanya penyebab sensorik yang berasal dari indra penciuman ataupun penglihatan. Cahaya lampu yang terlalu terang, bau yang menyengat dari parfum dan asap merupakan contoh penyebab sensorik penyebab terjadinya migrain.

Makanan – Jenis makanan yang mengandung kafein dapat memicu migrain bila dikonsumsi berlebihan, contohnya kopi. Selain makanan yang mengandung kafein, makanan yang mengandung pemanis buatan juga dapat memicu terjadinya migrain.

Stres – Stres memang sudah diketahui orang banyak sebagai salah satu penyebab sakit kepala. Terlalu lama bekerja di depan komputer dan kerja fisik yang berat dapat menjadi pemicu penyakit migrain.

Pola tidur – Pola tidur yang kurang baik dapat menyebabkan migrain. Seperti tidur terlalu lama atau kurang tidur.

Uraian diatas merupakan beberapa faktor yang menyebabkan seseorang mengalami penyakit migrain. Bila Anda salah satu orang yang sering mengalami penyakit ini, cobalah beberapa solusi mudah  di bawah ini :

Minum air putih – Kekurangan air putih dapat mengalami dehidrasi pada tubuh, selain itu cairan d jaringan otak akan menyusut, iritasi dan nyeri. Untuk mengatasinya, cobalah meminum air putih 1-2 liter dalam sehari.

Konsumsi makanan tinggi magnesium – Perbanyaklah konsumsi makanan – makanan yang mengandung magnesium, seperti sayuran hijau, tomat, biji – bijian, kentang dan oat.

Mengunyah jahe – Jahe biasanya digunakan untuk mengatasi masalah mual dan gangguan pencernaan. Selain itu, ternyata jahe uga dapat mengatasi migrain. Jahe dapat mengurangi efek prostaglandin, zat yang dapat menyebabkan peradangan pada pembuluh darah di otak yang dapat memicu migrain.

Pijat kepala dengan minyak gosok – Cara pamungkas yang sering digunakan untuk mengurangi rasa sakit akibat migrain yaitu dengan menggunakan minyak gosok. Oleskan minyak gosok dibagian pelipis, lalu pijat dengan lembut. Aroma minyak dan rasa hangat bisa membantu tubuh agar terasa nyaman dan mengurangi rasa sakit yang ditimbulkannya.

Itulah cara cepat dan mudah mengatasi migrain yang dapt anda lakukan sendiri dirumah. Selamat mencoba..

Komentar

Loading...