Ketahui Obat Sakit Gigi Saat Hamil Dan Cara Mencegahnya

Ketahui Obat Sakit Gigi Saat Hamil Dan Cara Mencegahnya

225
memuat...
Obat Sakit Gigi Saat Hamil
Obat Sakit Gigi Saat Hamil

Harianpost.co.id – Wanita hamil memang terkadang sangat membingungkan, sebab mereka mempunyai batasa-batasan dalam melakukan banyak hal termasuk salah satunya dalam urusan minum obat. Obat sakit gigi saat hamil memang membingungkan, itu karena wanita hamil tidak boleh minum obat sembarangan. Pertanyaannya, bagaimana jika mengalami sakit gigi saat hamil?

Solusi paling efektif untuk mengatasi itu adalah dengan berkonsultasi kepada dokter sebelum kita mengkonsumsi obat sakit gigi saat hamil. Dokter gigi tentu akan tahu obat mana yang akan diberikan kepada pasiennya yang sedang hamil dan juga memberikan perwatan yang tepat yang tentunya berbeda dengan pasien lain. Namun yang pasti obat dan perawatan itu akan diberikan oleh dokter sesuai dengan penyebab serta kondisi sakit gigi yang dialami.

Obat Sakit Gigi yang Paling Aman Untuk Ibu Hamil

Paracetamol bisa menjadi salah satu solusi untuk mengurangi gejala sakit gigi saat hamil, sejauh ini paracetamol memang dianggap sebagai obat yang aman untuk meredakan nyeri bagi ibu-ibu hamil. Akan tetapi sekali lagi, berkonsultasi kepada dokter tetap dianjurkan dan jangan asal mengkonsumsi paracetamol begitu saja sebab hal itu untuk menghindari efek samping pada kesehatan ibu hamil serta janin yang ada di dalam kandungan.

Di toko-toko obat kita tentu sering menemui obat-obat sakit gigi seperti aspirin, ibuprofen, serta naproxen, akan tetapi kita harus berhati-hati mengobati sakit gigi dengan obat-obatan tersebut ketika hamil. Sebab obat tersebut dosisnya tidak aman bagi ibu hamil yang sakit gigi.

Tidak hanya obat saja, sakit gigi juga bisa ditangani dengan memberikan perawatan gigi. Sebuah studi kasus di Amerika memberikan penjelasan bahwa perawatan gigi dengna bius lokal dianggap sangat aman sekali bagi ibu hamil. Memberikan perawatan gigi itu juga bisa dilakukan kapan saja, akan tetapi dari hasil penelitian, perawatan terbaik untuk sakit gigi adalah pada trimester  kedua.

Selain pemberian bius lokal, memberikan pengobatan antibiotik juga dianggap cara yang baik untuk mengatasi infeksi setelah dilakukan perawatan gigi. Obat-obat antibiotik yang baik untuk ibu hamil diantaranya adalah amoxicilin atau clindamycin. Akan tetapi perlu diingat bahwa perawatan gigi diatas lebih baik dilakukan setelah melahirkan, kecuali jika keadannya sangat mendesak.

Mencegah Sakit Gigi Saat Hamil

Salah satu cara terbaik untuk mencegah sakit gigi saat hamil tentu saja dengan selalu menjaga kebersihan gigi dan mulut. Adapaun langkah-langkah menjaga kebersihan gigi dan mulut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Gosok gigi sehari dua kali, usahakan setelah makan dan sebelum beranjak tidur.
  • Jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan atau minuman yang terlalu manis.
  • Jika dorongan untuk mengkonsumsi makanan manis itu terlalu kuat, gantilah dengan mengkonsumsi buah-buahan segar.
  • Perbanyaklah minum air putih.
  • Sangat dianjurkan untuk tidak menggunakan obat kumur atau mouthwash yang mengandung alkohol.
  • Hentikan kebiasaan merokok.

Usahakan untuk tidak gosok gigi setelah muntah-muntah karena dikhawatirkan asam lambung masih menempel pada lapisan gigi dan bisa mengores gigi jika langsung disikat. Kumur-kumurlah terlebih dahulu selama beberapa saat baru kemudian gosok gigi.

Selain melakukan langkah-langkah diatas tadi, untuk meningkatkan kesehatan gigi anda bisa juga memenuhi asupan kalsium dan vitamin D, sebab dua jenis nutrisi tersebut bisa meningkatkan massa tulang. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...