Wisata Gurun Pasir di Indonesia, Tak Kalah Dengan Gurun Sahara

Wisata Gurun Pasir di Indonesia, Tak Kalah Dengan Gurun Sahara

165
memuat...
Pasir Berbisik Bromo
Pasir Berbisik Bromo

Harianpost.co.id – Negara indonesia selalu memiliki cara untuk menarik perhatian wisatawan asing, indonesia selalu bisa menjadi mutiara yang selalu banyak dicari-cari oleh para traveler di sluruh dunia. Tak hanya terkenal dengan kekayaan rempah-rempahnya, kekayaan alamnya, dari kacamata wisata pun indonesia bisa menempatkan diri di posisi terdepan. Sudah banyak sekali buktinya, mulai dari pulau Bali, Bunaken, Borobudur, Bromo, Kawah ijen, dan masih banyak lagi.

Salah satu pesona indonesia yang juga tak kalah dengan luar negeri adalah keberadaan beberapa gurun pasir seperti di gurun sahara, bahkan bisa dikatakan gurun pasir di indonesia ini dikombinasikan dengan cuaca yang tidak begitu panas, khas indonesia. Tidak seperti gurun pasir sahara yang cuacanya sangat panas sekali. Penasaran seperti apa gurun pasir di indonesia? Berikut ini ulasan lengkapnya.

Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangkusumo
Gumuk Pasir Parangkusumo

Gurun Pasir atau yang biasa disebut juga dengan Gumuk Pasir Parangkusumo ini letaknya ada di dekat pantai parangtritis , depok, bantul dan Yogyakarta. Gumuk Pasir Parangkusumo sebagian besar terbentuk karena ada gunung merapi dan gunung merbabu, bahkan ada yang menyebutkan bahwa Gumuk Pasir Parangkusumo ini mengandung pasir material vulkanik yang telah terkikis dan lantas hanyut melalui sungai progo. Menariknya, kalian juga bisa bermain sand boarding di Gumuk Pasir Parangkusumo.

Gurun Pasir Berbisik Bromo

Pasir Berbisik Bromo
Pasir Berbisik Bromo

Namanya cukup puitis sekali, Bromo telah sukses mempersembahkan sebuah pemandangan gurun yang begitu menakjubkan, saking eksotisnya tempat ini bahkan pernah dijadikan lokasi syuting film yang berjudul pasir berbisik yang dibintangi oleh Dian Sastro Wardoyo.Gurun pasir berbisik ini membentuk bukit-bukit dengna tekstut seperti ombak. Lokasinya masih termasuk ke dalam Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dan selalu menjadi perhatian wisatawan yang berkunjung ke Bromo. Bromo dengan pasir berbisiknya telah menjadi salah satu keunikan tersendiri di negara indonesia.

Gurun Pasir Busung

Gurun Pasir Busung
Gurun Pasir Busung

Jika di Jawa Timur ada Gurun Pasir Berbisik di Bromo, maka Riau punya gurun pasir yang unik juga, yaitu Gurun Pasir Busung yang mana gurun pasir ini merupakan peninggalan dari penambangan bauksit yang saat ini terbengkalai dan tidak lagi digunakan. Lama-kelamaan tempat ini menjadi tempat dengan banyak gundukan berwarna coklat yang selama ini menjadi daya tarik wisatawan. Akhir-akhir ini nama Gurun Pasir Busung semakin melejit di berbagai media sosial karena background yang keren banget buat selfie.

Gumuk Pasir Toraja

Gumuk Pasir Toraja
Gumuk Pasir Toraja

Melihat Gumuk Pasir Toraja kalian pasti akan teringat dengan salah satu tempat terkenal di Amerika Serikat, Grand Canyon. Ya, kedua tempat ini memang hampir mirip, wajar jika akhirnya Gumuk Pasir Toraja menjadi tempat yang banyak dikunjungi wisatawan karena pensaran dengan suasananya dan mereka ingin sekali juga merasakan sensasinya yang seperti berada di Amerika Serikat.

Nah, keempat gurun pasir tersebut pertanda bahwa kita tidaklah sulit jika ingin mencari tempat-tempat unik di indonesia, dan tidak perlu pergi ke luar negeri. Panoramanya yang keren membuat siapa saja bisa tampil kece saat selfie. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...