Jangan Remehkan Keringat Dingin, Begini Cara Meredakannya

Jangan Remehkan Keringat Dingin, Begini Cara Meredakannya

161
memuat...
Keringat Dingin
Keringat Dingin

Harianpost.co.id – Keringat biasanya akan muncul ketika seseorang sedang atau baru saja melakukan aktivitas fisik atau bisa juga karena cuaca sedang panas. Itu adalah hal yang wajar, akan tetapi lain ceritanya jika yang muncul tersebut adalah keringat dingin, sebab munculnya keringat dingin itu bisa sebagai tanda bahwa orang tersebut sedang mengalami masalah kesehatan.

Rasa panik, terlalu tegang bahkan stress merupakan faktor-faktor utama pemicu munculnya keringat dingin. Akan tetapi jika kita teliti lebih jauh lagi, munculnya keringat dingin bisa mengindikasikan bahwa orang tersebut memiliki masalah kesehatan yang cukup serius yang mana penderita harus cepat-cepat mendapatkan pertolongan.

Gejala yang Mengiringi keringat dingin

Pada umumnya, keringat dingin itu sering muncul di kaki, telapak tangan, di bawah lengan hingga ketiak. Keringat dingin itu sendiri tidak muncul dengan sendirinya, biasanya juga dibarengi dengan gejala lain tergantung dari kondisi setiap orang. Sementara itu gejala paling umum ketika muncul keringat dingin adalah pucat, tubuh menggigil, pusing, tegang, lemah, perut terasa mual dan kulit juga akan terasa dingin.

Penyebab keringat dingin

Dalam hal ini terdapat beberapa kondisi yang bisa menyebabkan munculnya keringat dingin, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Orang tersebut sedang mengalami rasa sakit yang parah seperti misahnya baru saja mengalami patah tulang, atau bisa juga karena sedang mengalami sakit kepala migrain.
  • Gula darahnya sangat rendah.
  • Mengalami infeksi di bagian tubuhnya.
  • Bahkan bisa menandakan gejala awal kanker.
  • Syok karena penyakit akut atau sedang mengalami cedera parah.
  • Menopause oleh wanita yang berusia antara 40 tahun keatas.
  • Terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan antibiotik.
  • Gejala Batu ginjal.

Selain penyebab-penyebab diatas, keringat dingin juga bisa disebabkan karena kurangnya pasokan darah di dalam tubuh.

Cara Meredakan Keringat Dingin

Setelah kita menyelidiki tentang penyebab keringat dingin, saatnya kita mencari solusi bagaimana cara meredakannya. Cara meredakan keringat dingin pun bisa berbeda-beda, tergantung dari penyebabnya, jika keringat dingin tersebut muncul karena dipicu oleh stress, bisa diatasi dengan melakukan beberapa hal di rumah saja. Akan tetapi jika munculnya keringat dingin itu disebabkan karena penyakit tertentu maka kita perlu mengkonsultasikannya ke  dokter.

Untuk mengatasi keringat dingin, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan di rumah, yaitu:

  • Perbaiki pola makan.
  • Minimalisasi ketidaknyamanan dalam kamar.
  • Buat diri Anda lebih aktif.
  • Konsumsi obat-obatan.

Akan tetapi perlu juga diingat bahwa keringat dingin pada kasus-kasus tertentu menjadi indikasi adanya penyakit serius yang bisa mengancam jiwa. Jadi segera periksakan ke dokter tentang keluhan keringat dingin yang anda alami agar segera dapat diketahui apa penyebabnya dan bisa segera mendapatkan pertolongan sebelum semuanya terlambat. Tidak hanya anda, akan tetapi orang-orang yang ada di sekitar anda, cermati dengan baik gejala-gejala yang muncul. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...