iPhone Melambat Di Pasaran, Pesanan Komponen Apple Dipangkas

iPhone Melambat Di Pasaran, Pesanan Komponen Apple Dipangkas

115
memuat...
iPhone 8
iPhone 8

Harianpost.co.id – Bicara mengenai penjualan iPhone, ada banyak sekali sumber dari rantai pemasok yang memiliki pendapat berbeda, mereka mempunyai analisis sendiri-sendiri. Dari penilaian mereka, penjualan Apple iPhone X, iPhone 8 dan juga iPhone 8 Plus mulai beberapa waktu lalu mulai mengalami penurunan alias melambat. Secara otomatis hal itu membuat pesanan komponen untuk smartphone Apple juga mulai dikurangi.

Menurut beberapa sumber tersebut mereka mengatakan, sangat besar sekali kemungkinannya Apple akan memangkas beberapa pesanan komponen, jumlah pemangkasan tersebut bahkan meningkat sekitar 15 sampai 30 persen di kuartal pertama tahun 2018 ini dari perkiraan awal. Akan tetapi dari pernyataan sumber yang terpercaya ada beberapa alasan yang menyebabkan mereka mengalami pengurangan pemesanan komponen, jadi tidak hanya dikarenakan penjualan yang melambat di kuartal pertama tahun 2018.

Seperti yang dilansir oleh Phone Arena pada tanggal 20 Januari 2018, dari sumber-sumber terpercaya tersebut mereka berpendapat bahwa pengurangan pesanan kepada beberapa pemasok itu juga dipengaruhi oleh banyaknya liburan di awal tahun 2018 ini, seperti tahun baru dan tahun baru Imlek. Pada liburan-liburan tersebut selalu membuat tingkat produksi pabrik menurun sangat drastis dalam beberapa hari bahkan hingga satu minggu.

Akan tetapi ada beberapa sumber yang juga berpendapat bahwa penjualan iPhone X, iPhone 8 dan iPhone 8 Plus itu mengalami penurunan dan lebih rendah  dari ekspektasi yang ditunjukkan oleh iPhone. AKan tetapi lepas dari beberapa penyebabnya, beberapa mitra kerja termasuk perusahaan yang menyuplai komponen iPhone seperti sensor 3D, kamera dan juga memory chip telah diberikan saran untuk mengurangi pasokan (inventaris) yang mereka.

Langkah ini bertujuan untuk membuat perusahaan-perusahaan tersebut juga tidak mengalami kerugian finansial disebabkan karena pengiriman komponen ke mitra manufaktur kontrak dengan Apple sedang mengalami penurunan sangat drastis. Dari pihak sendiri sejauh ini belum memberikan pernyataan mengenai laporan terbaru terkait peforma penjualan iPhone X, iPhone 8 dan iPhone 8 Plus.

Tapi informasi tersebut akan segera diketahui dalam laporan finansial di kuartal pertama 2018 yang rencananya akan segera dirilis pada bulan Februari 2018 (bulan depan). Laporan yang akan ditunjukkan itu akan mencakup semua laporan dari peforma bisnis yang dijalankan oleh Apple selama bulan Oktober hingga bulan Desember 2017.

Apple selalu mendominasi keuntungan di industru smartphone

Walaupun penjualan iPhone seri terbaru mengalami penurunan drastis akan tetapi jika dilihat dari total keseluruhan keuntungan industri smartphone. Data yang diperoleh dari perusahaan riset Counter point telah merilis data tentang keuntungan yang dihasilkan oleh industri handset mobile di sepanjang kuartal ketiga tahun 2017. Dari data tersebut menunjukkan bahwa Apple selalu mendominasi keuntungan penjualannya bahkan sampai 60 persen, hasil keuntungan tersebut sangat jauh lebih tinggi dari pada para pesaingnya.

Apple telah berhasil menguasai sekitar 59,8 persen keuntungan pada bisnis penjualan handset global pada kuartal ketiga tahun 2017. Sementara di posisi kedua masih ditempati oleh rival terdekatnya, yaitu Samsung dengan keuntungan sebesar 25,9 persen. Sementara itu melengkapi posisi lima besar, ada smartphone Huawei, Oppo dan juga Vivo yang masing-masing mendapatkan keuntungan sekitar 4,9 persen, 4 persen, dan 3,1 persen.

Dari hasil tersebut, perusahaan counterpoint itu berpendapat bahwa perusahaan manufaktur Tiongkok mengalami pertumbuhan yang sangat pesat dan cepat sekali. Pihak perwakilan dari perusahaan counterpoint tersebut mengatakan, “Pertumbuhan merek-merek Tiongkok bisa dikatakan berkat berbagai usaha keras dalam merampingkan rantai suplai dengan meningkatkan gabungan smartphone kelas menengah dan atas di dalam portofolio mereka.” (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...