ASUS Mampu Saingi Ketenaran Samsung, Benarkah?

ASUS Mampu Saingi Ketenaran Samsung, Benarkah?

535
memuat...

ASUS-Mampu-Saingi-Ketenaran-Samsung-Benarkah

Harianpost.co.id Persaingan antar vendor smartphone semakin memanas. Laporan tentang pasar smatphone di Indonesia selama tahun 2015 baru saja dipaparkan oleh International Data Corporation (IDC).

Hasil kutipan dari website IDC, terdapat peningkatan sebanyak 14,4% terhadap produk yang telah dikirimkan ke Indonesia. Pada kuartal keempat tahun sebelumnya, barang yang sampai hanya 7,3 juta unit sedangkan pada kuartal yang sama tahun 2015 produk yang terdampat di Indonesia mencapai 8,3 unit.

Peningkatan jumlah pengiriman smartphone oleh para vendor tersebut diduga akibat berakhirnya izin impor yang akan berakhir di akhir 2015 atau awal tahun 2016. Pertumbuhan skala penjualan selama setahun penuh mencapai angka 17,1% dengan jumlah pengapalan sebanyak 29,3 juta unit.

Berdasarkan data yang diluncurkan IDC, Asus berhasil “merajai” pangsa pasar Indonesia sebesar 22%. Menurut Reza Haryo, salah satu senior Market Analyst Mobile Phone, hal tersebut terjadi karena vendor ini mengirimkan smartphone lebih banyak jika dibandingkan dengan pengiriman sebelumnya. Selanjutnya, Reza juga menyatakan bahwa peluncuran model baru Zenfone Go dan Zenfone Selfie oleh Asus dilakukan pada waktu yang sama.

Perluasan pangsa pasar di pasar Indonesia yang dilakukan oleh vendor yang berbasis di Tiongkok ini, berhasil meningkatkan pangsa pasar dari 15% pada periode keempat tahun sebelumnya menjadi 21% pada kuartal sama pada tahun 2015 lalu. Reza juga menambahkan bahwa persaingan dengan vendor lain akan tetap terjadi untuk tahun–tahun yang akan datang, hal ini dapat terlihat dari pergerakan vendor yang berbasis di Tiongkok lainnya yaitu Lenovo. Vendor ini telah membentuk sebuah pijakan di Indonesia dengan mengeluarkan ponsel seri dengan branrol harga US$ 100.

Namun kembali lagi jika berbicara tentang kualitas dan harga yang cocok di kantong, keputusan kembali diberikan kepada pelanggan. Dari semua gadget yang telah dikeluarkan baik oleh Asus maupun Samsung, yang terpenting adalah kenyaman pengguna gadget tersebut.

Komentar

Loading...