Kenali Lebih Jauh Tentang Jenis-jenis Hormon Kehaliman dan Fungsinya

Kenali Lebih Jauh Tentang Jenis-jenis Hormon Kehaliman dan Fungsinya

189
memuat...
Jenis-jenis Hormon Kehaliman
Jenis-jenis Hormon Kehaliman

Harianpost.co.id – Di dalam tubuh seseorang terdapat lebih dari satu hormon, keberadaan hormon itu tentu saja untuk melindungi tubuh kita dan terutama hormon kehamilan yang fungsinya untuk menjaga janin yang berada di dalam kandungan. Hormon kehamilan sendiri ada banyak sekali jenisnya dan beberapa hanya muncul saat hamil saja, ada juga memang sudah ada di dalam tubuh tapi ketika hamil kadarnya menjadi berubah.

Berbagai macam hormon kehamilan tentu saja menyebabkan banyak sekali perubahan, mulai dari perubahan fisik hingga perubahan emosi.

Jenis-jenis Hormon Kehamilan

Seperti yang sudah dijelaskan diatas tadi bahwa hormon kehamilan itu tidak hanya satu saja melainkan lebih dari satu. Berikut ini adalah jenis-jenis hormon kehamilan:

  • Human Chorionic Gonadotropin Hormone (hCG)

Hormon adalah hormon yang diproduksi di plasenta, sementara fungsi Human chorionic gonadotropin ini adalah untuk menjaga kesehatan janin. Bahkan, kadar Human chorionic gonadotropin ini bisa digunakan sebagai cara menentukan kesehatan janin. Jika Human chorionic gonadotropin-nya rendah maka biasanya akan menyebabkan resiko yang berbahaya bagi janin, seperti kematian bayi, kehamilan ektopik dan lain sebagainya. Namun demikan hCG juga bisa membantu melancarkan porses melahirkan bayi kembar, melahirkan yng usianya lebih tua dari perkiraan.

  • Human placental lactogen (hPL)

hampir sama dengan hormon sebelumnya bahwa Human placental lactogen ini juga diproduksi oleh organ tubuh di bagian placenta. Hormon ini mulai diproduksi pada usia kehamilan 6 minggu. Fungsi dari Human placental lactogen ini adlah untuk mempersiapkan segala kebutuhan nutrisi dan juga untuk merangsang untuk bayudara.

  • Hormon Estrogen

Hormon Estrogen memang sudah ada di dalam tubuh waita sebelum mereka hamil, hanya saja ketika masa-masa kehamilan maka Hormon Estrogen ini akan mengalami peningkatan secara drastis. Dan ketika Hormon Estrogen tersebut naik, maka biasanya akan dibarengi dengan gejala-gejala seperti rasa mual yang hebat, Hormon Estrogen inilah yang juga memiliki fungsi memperbesar saluran payudara.

  • Hormon Progesteron

Efek dari reaksi Hormon Progesteron biasanya akan muncul rambut halus di bagian payudaranya atau biasanya juga terdapat di perut. Akan tetapi kita harus paham betul bahwa Hormon Progesteron ini memiliki banyak sekali fungsinya, yaitu menjaga otot rahim, mkejaga ketebalan dinding rahim, mempertahankan sistem kekebalan tubuh wanita, dan masih banyak lagi.

  • Hormon Oksitosin dan prolaktin

Peran Hormon Oktosin adalah untuk merangsang kelenturan leher rahim pada masa kehamilan akhir, hormon ini perannya bisa dibilang sangat penting sekali sebab sangat membantu dalam proses persalinan. Hormon Prolaktin akan mengalami peningkatan drastis selama kehamilan, bahkan peningkatan itu bisa terjadi 10 sampai 20 kali lipat. Fungsi dari hormon ini adalah untuk membantu tubuh dalam memproduksi ASI yang melimpah.

Itulah beberapa jenis hormon kehamilan yang sangat penting sekali untuk membantu seseorag menjaga perkembangan janin agar tetap sehat. Dan jika perubahan hormon tersebut dirasa tidak nyaman bagi tubuh kita, ada baiknya kita konsultasikan ke dokter kandungan. (www.harianpost.co.id)

Komentar