Alasan Mengapa Melahirkan Di Rumah Sakit Lebih Dianjurkan

Alasan Mengapa Melahirkan Di Rumah Sakit Lebih Dianjurkan

115
memuat...
Melahirkan di rumah sakit lebih baik
Melahirkan di rumah sakit lebih baik

Harianpost.co.id – Kita memang tidak bisa memprediksi harus dimana kita harus melahirkan, sebab terkadang proses persalinan setiap orang itu berbeda-beda. Ada yang sangat cepat, normal dan bahkan ada yang lambat. Bagi sebagian orang, mungkin mereka lebih memilih untuk melahirkan ke tempat bidan yang lokasinya lebih dekat dengan tempat tinggal, bahkan ada beberapa orang yang memilih untuk melahirkan di rumah mereka sendiri. Semua cara-cara itu sebenarnya sah-sah saja dan diperbolehkan sebab memang tidak ada yang melarang. Akan tetapi ada beberapa alasan penting yang menjadi alasan mengapa melahirkan di rumah sakit itu lebih baik dan bisa dijadikan pilihan tepat.

Salah satu alasan yang paling terlihat adalah mungkin karena peralatan yang disediakan oleh rumah sakit itu lebih lengkap. Jika dilihat, sekalipun rumah sakit memiliki alat yang lengkap tetap saja proses persalinan membutuhkan persiapan yang matang. Terutama untuk pemilihan rumah sakit yang sehat dan nyaman serta sudah terbukti mampu menangani pasien dengan baik.

Alasan Mengapa Melahirkan di Rumah Sakit sangat dianjurkan

Alasan sebagian ibu-ibu memilih untuk tidak melahirkan di rumah sakit adalah karena biaya, serta mereka bisa kehilangan privasi. Akan tetapi perlu kita tahu juga bahwa melahirkan di klinik atau di rumah itu akan membuat proses persalinan semakin sulit untuk mendapatkan dukungan peralatan yang lengkap. Belum lagi jika proses persalinannya tidak lancar atau terjadi masalah.

Di bawah ini ada beberapa alasan yang lebih lengkap lagi mengapa kita dianjurkan untuk melahirkan di rumah sakit:

  • Tenaga medis lebih profesional

Di rumah sakit kita akan langsung ditangani oleh seorang dokter ahli yang tentunya sudah sangat berpengalaman. Selain itu kita bisa mendapatkan perawatan yang cepat dan tepat ketika terjadi sesuatu, misalnya jika mendadak harus dilakukan operasi caesar, maka dokter akan selalu siap dan jika tidak ada maka dokter kebidanan juga sudah siaga.

  • Tersedianya Fasilitas yang lengkap

Keberadaan fasilitas yang lengkap tentu akan mempermudah proses persalinan seseorang, jika sewaktu-waktu terjadi masalah pada ibu bayi atau bayi itu sendiri maka rumah sakit sudah siap memberikan perawatan dengan peralatannya yang lengkap. Seperti misalnya terjadi masalah sesak napas, hipertensi, kondisi bayi prematur, terjadi lilitan tali pusar atau masalah-masalah yang lainnya.

  • Mendapatkan Pemantauan setelah proses persalinan

Setelah proses persalinan berhasil dilalui, maka biasanya pihak rumah sakit akan memberikan fasilitas berupa kamar untuk memulihkan kondisi ibu bayi. Selama itu tentu saja ibu bayi akan mendapatkan pemantauan langsung dari pihak rumah sakit dan juga langsung mendapatkan pengecekan dari dokter spesialis setiap harinya.

  • Bayi akan mendapatkan penanganan yang maksimal

Dengan menjalani proses persalinan di rumah sakit biasanya bayi akan mendapatkan perawatan serta penanganan yang baik dari dokter spesialis anak, lengkapnya fasilitas yang ada di rumah sakit juga menjadi nilai plus sendiri sebab bayi juga akan mendapatkan perawatan yang maksimal.

Satu hal yang harus kita jadikan catatan penting adalah fasilitas yang lengkap itu sangat diperlukan ketika proses persalinan, maka dari itu terkadang melahirkan di klinik atau dirumah sendiri itu terkadang masih membutuhkan peralatan yang hanya tersedia di rumah sakit. Jika proses melahirkan lancar maka itu bisa meringankan resiko persalinan itu sendiri. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...