Ciri-Ciri Daging Dan Seafood Yang Masih Segar

Ciri-Ciri Daging Dan Seafood Yang Masih Segar

106
memuat...
Memilih Daging Dan Seafood Segar
Memilih Daging Dan Seafood Segar

Harianpost.co.id – Sangat wajar jika kadang-kadang rasa bosan dengan masakan tertentu muncul pada diri seseorang, mereka ingin mencoba masakan lainnya yang bervariasi. Dari banyaknya jenis masakan, ternyata ayam, daging dan seafood dianggap sebagai makanan yang paling banyak digemari oleh masyarakat indonesia. Selain enak, ketiga makanan tersebut memang memiliki kandungan nutrisi yang menyehatkan dan banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

Akan tetapi kita juga harus ingat bahwa tidak semua pedagang itu bisa berdagang dengan jujur, sampai saat ini masih ada saja pedangang yang bermain dengan cara yang curang. Seperti misalnya daging atau makanan laut yang sudah lama tapi masih dijual. Oleh karena itulah, kita sebagai pembeli seharusnya bisa jeli dan tahu bagaimana cara memilih daging dan seafood yang masih segar. Kedua bahan makanan ini memang sangat sulit dibedakan mana yang masih segar dan mana yang sudah lama.

Jadi kita tidak boleh sembarangan dalam memilih daging dan seafood. Agar tidak menjadi korbannya, berikut ini ada beberapa tips tentang bagaimana cara memilih daging dan seafood yang masih segar:

Cara memilih Daging Segar

Ada banyak sekali jenis daging di luar sana, ada daging sapi, daging kambing, daging ayam dan lain sebagainya. Agar kita tahu bahwa yang akan kita beli adalah daging segar, ketahui terlebih indikator kualitas daging tersebut.

  • Kenali dari Baunya

Daging yang masih segar itu biasanya tidak berbau, akan tetapi jika sudah daging tersbut sudah dikemas maka biasanya akan muncul bau dari dagingnya karena kondisinya lembab. Akan tetapi baunya tentu saja berebda dengan aroma daging yang sudah tidak segar lagi. Untuk membedakannya, daging yang sudah tidak segar lagi itu biasanya akan mengeluarkan bau tidak sedap yang sangat pekat sekali.

  • Kenali Warna dagingnya

Daging yang masih segar biasanya akan berwarna merah cerah, semakin cerah warna daging tersebut maka itu tandanya masih sangat segar, kecerahan warna daging yang masih segar tentu juga berbeda dengan warna daging yang diberikan pewarna tambahan agar terlihat cerah. Hindari memilih daging sapi yang berwarna coklat tua, sebab warna tersebut pertanda bahwa daging tersebut sudah tidak segar lagi.

  • Lihat Kepadatan daging

Semakin padat daging, maka itu artinya daging tersebut masih sangat segar. Akan tetapi ada beberapa jenis daging yang sulit untuk kembali ke kondisi semula seperti contohnya potongan daging sapi yang mengandung banyak lemak. Kepadatan daging ini juga berlaku untuk mengecek kesegaran daging unggas.

Cara memilih seafood yang masih segar

Bicara soal makanan memang kita harus memprioritaskan kualitas makanan yang akan kita konsumsi, hal itu juga berlaku untuk makanan jenis seafood. Biasanya, bahan makanan seperti ikan dan kerang itu tidak langsung laku dijual setelah didapatkan. Ikan-ikan tersebut biasanya dibekukan dengan es hingga menunggu pembeli datang.

Nah, untuk mengenali kesegaran daging ikan laut atau seafood, bisa anda perhatikan petunjuk-petunjuk di bawah ini:

  • Mengenali Bau

Ikan yang masih segar itu tidak akan mengeluarkan bau yang tajam, ikan yang sudah mulai mengalami pembusukan itu akan mengeluarkan aroma seperti amonia atau amis yang berlebihan. Hal itu berlaku pada makanan seafood yang lainnya.

  • Mengenali Warna

Ketika ikan itu masih sangat segar, biasanya sisik ikan akan masih melekat dengan erat dan warnanya terlihat sangat cerah, lebih bercahaya seperti warna metalik. Selain itu, insang ikan yang masih segar akan tampak berwarna merah atau merah muda. Selain ikan, untuk mengenali kesegaran seafood lainnya seperti udang, kepiting atau lobster, pada bagian ekornya akan tampak cerah dan terang, tidak memudar, itu artinya masih segar.

  • Lihat Kepadatan dagingnya

Ikan yang masih segar dagingnya tidak akan lembek ketika kita berikan tekanan dengan jari jemari kita. Selain itu, daging ikan tersebut tidak akan terepas dari tulang setelah kita tekan, terakhir, ekor ikan akan terasa masih sangat kaku jika ikan tersebut masih segar.

Kita tentu tahu bahwa daing dan seafood itu adalah makanan yang sangat kaya dengan protein yang bermanfaat bagi tubuh manusia untuk memberikan pasokan energi. Jadi pastikan kita memilih kedua makanan tersebut dengan teliti dan jeli. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...