Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi? Ini Penjelasannya

Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi? Ini Penjelasannya

564
memuat...
Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi
Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi

Harianpost.co.id – Bagi ibu hamil, memperhatikan makanan memang sangat perlu untuk dilakukan. Sebab mereka tidak bisa mementingkan diri mereka sendiri tanpa memperhatikan perkembangan janin yang ada di dalam kandungannya, terutama jika ibu menginginkan bayi mereka lahir dengan keadaan normal dan sehat.

Seperti contohnya minum kopi, bagi ibu hamil sebaiknya sangat perlu untuk memperhatikan berapa jumlah kopi yang diperlukan jika mereka menginginkannya. Sebab minuman kopi ini bisa saja memberikan efek samping yang buruk bagi ibu hamil khususnya untuk janin jika mereka mengkonsumsinya secara berlebihan.

Pada dasarnya, semua makanan dan minuman jika dikonsumsi secara berlebihan tentu tidak baik. Sementara itu tidak hanya kopi saja yang mengandung kafein, masih banyak lagi makanan dan minuman yang mengandung kafein. Cokelat, teh, dan minuman-minuman ringan yang banyak dijual di pasaran juga ada yang mengandung kafein.

Bahkan jika kita lebih teliti lagi, zat kafein itu sebenarnya juga ada di dalam obat flu serta minuman penambah tenaga. Jadi, sangat dianjurkan bagi ibu hamil untuk selalu memperhatikan setiap kandungan yang ada dalam makanan atau minuman yang ingin dikonsumsi, biasanya tertera pada bungkus atau kemasannya.

Resiko Minum Kopi pada Ibu Hamil

Pada artikel sebelumnya sudah pernah kami jabarkan tentang efek samping minum kopi, diantaranya adalah mnculnya gejala kecemasan, kecanduan, mengalami insomnia, detak jantung menjadi lebih cepat, terjadinya gangguan pada pencernaan, resiko mengalami tekanan darah tinggi semakin besar, migrain dan masih banyak lagi.

Yang lebih membahayakan lagi adalah bahwa kafein yang ada di dalam kopi tersebut ternyata mampu menembus plasenta ibu hamil yang mana itu nanti bisa berdampak buruk pada janin yang berada di dalam kandungan.

Di bawah ini adalah beberapa resiko minum kopi bagi ibu hamil yang perlu anda perhatikan:

  • Resiko mengalami refluks asam lambung
  • Resiko Anemia
  • Resiko terjadinya Keguguran
  • Resiko Bayi akan lahir dengan berat badan yang kurang ideal

Lantas Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi? Dan Berapa Takaran Yang Ideal Untuk Ibu Hamil?

Ibu hamil boleh-boleh saja minum kopi asalkan tidak melebihi batas. Sedangkan batas maksimal mengkonsumsi kafein bagi ibu hamil dalam sehari adalah 200 mg, atau kira-kira 2 gelas kecil kopi instan. Maka dari itulah, sangat penting bagi ibu hamil untuk selalu memperhatikan sebarap banyak kandungan kafein yang ada di dalam setiap minuman yang ingin dikonsumsi.

Jadi jangan pernah sekali-sekali ibu hamil mengkonsumsi kafein melebihi batas maksimal tersebut jika tidak ingin terjadi hal-hal yang tidak diinginkan ketika melahirkan buah hati mereka.

Bagi ibu hamil yang suka dengan minum kopi atau minuman lain yang mengandung kafein, untuk sekedar pengetahuan saja kami akan berikan informasi tentang jumlah umum kafein yang ada di dalam makanan dan minuman:

  • 60-200 mg kafein dalam satu cangkir kopi seduh.
  • 140 mg kafein dalam satu cangkir kopi saring.
  • 100 mg kafein dalam satu cangkir kopi instan.
  • 40 mg kafein dalam satu ebotol soda.
  • 75 mg kafein dalam satu cangkir teh.
  • 25-50 mg kafein dalam 50 g cokelat.

Dari data di atas, anda akan tahu batasan-batasan mengkonsumsi kafein. Jadi bagi anda yang sebelumnya gemar minum kopi lebih dari dua cangkir per hari, sebaiknya anda menguranginya ketika anda sedang hamil sejak dini. Anda bisa menggantinya dengan minuman jus buah, jus sayuran atau ganti dengan mengkonsumsi air kelapa. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...